Home / Headline / PTS Sambut Baik PKG

PTS Sambut Baik PKG

kuliah-gratis_feridi-blog-upiPalembang, BP

Wacana Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin akan melibatkan Program Kuliah Gratis (PKG) di kalangan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), disambut baik kalangan rektor khususnya PTS. Walaupun PTS yang akan dilibatkan nantinya memang PTS yang memiliki kualitas yang baik dari segi dosen, alumni, dan PTS yang memang memiliki fasilitas yang sangat memadai.

Salah satu rektor yang menanggapi wacana tersebut yakni, Rektor Universitas PGRI Palembang Syarwani Ahmad. Ia mengatakan, kalau memang Gubernur sudah mewacanakan, maka pihaknya khususnya Universitas PGRI pada dasarnya menyambut baik program PKG yang sudah dilaksanakan di 3 PTN di Sumsel yakni, Universitas Sriwijaya (Unsri), Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Menurut dia, realisasi beasiswa pendidikan ini akan memperluas akses masyarakat yang ingin melanjutkan perguruan tinggi.

“Ada banyak kasus ditemui di lapangan, anaknya berprestasi tapi tidak mampu membayar biaya kuliah. Kami tidak bisa menggratiskan biaya kuliah karena sudah diatur pemerintah,” katanya, kepada BeritaPagi, Kamis (16/3).

Memang pihaknya menyadari, untuk menjadi salah satu bagian dari PKG ini tidak mudah, yang terutama pastinya kualitas dan kuantitas perguruan tinggi harus ditingkatkan, baik sarana dosen hingga perekrutan calon mahasiswanya.

“Oleh sebab itu, kami sebisa mungkin dan akan berusaha untuk memperbaiki itu semua. Apalagi Universitas PGRI memang sudah ada gedung yang dikhususkan untuk Laboratorium, yang disebut science center. Itu semua sudah kami miliki,” ujarnya.

Hal senada yang dikatakan, Rektor Universitas Tridinanti Palembang (UTP) Nyimas Manisah, intinya pihaknya menyambut baik apa yang sudah dikatakan Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada saat meresmikan pemancangan pertama revitalisasi dan pengembangan gedung kuliah serta auditorium Universitas Tridinanti Palembang (UTP) Rabu,(16/3). Oleh sebab itu kedepan pihaknya akan menyiapkan SDM yang unggul dan sarana yang memadai. Disamping menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan bertanggung jawab dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Dimana salah satu misinya adalah meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Oleh karena itu pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan Unsri, dalam berbagai bidang membantu menyediakan tenaga pengajar, khususnya di bidang Teknik dan Ekonomi. Karena Unsri merupakan perguruan tinggi panutan, terbesar, tertua dan memiliki sumber daya manusia sangat baik disertai sarana dan prasarana yang lengkap,” katanya.

Saat ini, UTP sendiri sudah memiliki 180 tenaga pengajar. Pihaknya pun terus berupaya melakukan pengkaderan dosen dengan cara merekrut dosen muda minimal S2, dan memenuhi rasio “Tak hanya itu, UTP juga selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan di bidang pendidikan. Dengan cara perbaikan, dan pemenuhan sarana prasarana pembelajaran. Misalnya kelas diberikan media elektronik dan LCD,” bebernya.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel Alex Noerdin berjanji kedepan akan merealisasikan kuliah gratis kepada 60 Program Studi (Prodi) untuk perguruan tinggi swasta (PTS) di Kota Palembang. “Memang kuliah gratis baru digalakkan di kampus negeri seperti Universitas Sriwijaya (Unsri), Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Karena secara kualitas dan kuantitas kami percaya. Tetapi tidak menutup kemungkinan kedepan untuk swasta akan kita bebaskan biaya kuliah di 60 prodi,” kata Alex.

Namun Alex berharap kualitas dan kuantitas perguruan tinggi swasta harus ditingkatkan, baik sarana dosen hingga perekrutan calon mahasiswanya. Ia juga berjanji apabila ada mahasiswa terbaik pihaknya akan memberikan beasiswa sampai ke tingkat strata 3 atau S3 ke universitas terbaik di luar negeri.

“Kami akan carikan dana biar perlu pakai APBD kita. Siapa yang terbaik bisa mengecam S3 keluar negeri. Tapi tadi, saya mau lihat dulu perguruan tinggi yang layak dinilai dari kualitas dan kuantitas nya,” ujarnya.#adk