Sumsel Terus Tingkatkan Pelayanan Jamsoskes

10

PicsArt_1458205923023
Wagub Sumsel H Ishak Mekki memeriksakan kesehatan di sela Pra Rapat Kerja Kesehatan Nasional Tingkat Sumsel di Hotel Novotel, Kamis (17/3).

Palembang, BP
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya melakukan pembangunan di bidang kesehatan melalui berbagai program dan kegiatan, khususnya Jaminan Sosial Kesehatan (Jamsoskes) Sumsel Semesta.

Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki menuturkan, pemprov ingin memastikan bahwa seluruh masyarakat Sumsel mendapatkan jaminan dan pemeliharaan kesehatan yang memadai dengan menyelenggarakan jamsoskes tersebut.

Dalam mendukung program Jamsoskes agar dapat berjalan dengan baik, Pemprov Sumsel juga berupaya meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan dengan membangun RSUD Pratama di setiap Kabupaten/Kota di Sumsel.

“Pemprov pun sedang melaksanakan pembangunan Rumah Sakit Provinsi yang memasuki tahun ke tiga dan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2017 mendatang. Tujuannya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat dan berdaya saing internasional,” ujarnya dalam Pra Rapat Kerja Kesehatan Nasional Tingkat Sumsel di Hotel Novotel, Kamis (17/3).

Ishak menambahkan, terkait dengan integrasi jaminan kesehatan daerah ke jaminan kesehatan nasional, Pemprov Sumsel sedang mengkaji bagaimana yang terbaik bagi masyarakat Sumsel. Pada prinsipnya, pihaknya mendukung program nasional. Yang penting bagaimana memastikan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat sesuai dengan yang diharapkan.

Selain itu, Ishak juga menjelaskan, program kesehatan lainnya yang tak kalah pentingnya adalah peningkatan upaya promotif dan preventif tentang peraturan daerah (perda) Kawasan Tanpa Asap Rokok (KTR) yang telah diselenggarakan di empat daerah yakni Palembang, Ogan Ilir, OKU, dan Empat Lawang.

“Saya harap daerah lain bisa segera menyusul empat daerah tersebut dengan menerapkan perda KTR agar lingkungan bersih dari asap rokok,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nurainy mengatakan, rapat kerja kesehatan nasional tingkat Sumsel ini bertujuan untuk melaksanakan pembangunan jangka panjang dalam meningkatkan program kesehatan yang baik di Provinsi Sumsel dan juga Kabupaten/Kota. #idz