Ultimate magazine theme for WordPress.

Ratusan Pelajar Bersaing Ketat di Seleksi Paskibraka

paskibBaturaja BP

Ratusan pelajar dari berbagai Sekolah Menengah Umum (SMU) yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Pascadibuka, Selasa (15/3), setidaknya ada 600 lebih pelajar yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi.

“Pendaftaran kita buka sejak Selasa (15/3), dan hingga hari ini (kemarin-red) setidaknya ada 600 lebih pelajar SLTA yang telah mendaftar untuk mengikuti seleksi,” ungkap
Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten OKU Paisol Ibrahim, S.Sos, melalui Kabid Pemuda Disporabudpar OKU Iwan Setiawan Ssos, Rabu (16/3).

Baca Juga:  Bupati OKU Resmikan Pondok Pesantren Tahfidz Al Quran di Gunung Meraksa

Menurut Iwan, peningkatan ini memang sangat jauh berbeda dengan tahun sebelum-sebelumnya, di mana pendaftar seleksi Paskibraka biasanya sejak dibuka hingga hari ketiga jumlahnya belum mencapai angka 600 peserta.

“Memang untuk tahun-tahun belakang tidak sebanyak ini. Tentunya tingginya minat pelajar untuk mengikuti seleksi Paskibraka sangat berdampak positif karena tingkat persaingan untuk menjadi calon Paskibraka akan semakin tinggi,” kata Iwan.

Terkait seleksi Paskibraka tersebut, menurut Iwan, seleksi Paskibraka akan dilakukan selama tiga hari dimulai sejak 15 hingga 17 Maret. Dimana, dari seluruh peserta yang akan mengikuti seleksi, nantinya akan mengikuti tahapan-tahapan seleksi. Hingga nantinya akan diambil jumlah sebanyak 36 anggota Paskibraka dengan rincian 18 anggota Paskibraka putra dan 18 anggota Paskibraka putri.

Baca Juga:  HUT RI ke-75, Pemkab OKU Gelar Gowes Merdeka

Menurut Iwan, pihaknya sendiri sangat berharap, di tahun 2016, nantinya terdapat anggota Paskibraka Kabupaten OKU yang ikut terpilih untuk mewakili Kabupaten OKU sebagai Paskibraka Sumsel bahkan mewakili hingga tingkat nasional.

“Nantinya, setelah selesai seleksi penerimaan, 36 peserta anggota Paskibraka yang lulus seleksi akan langsung ditempa untuk mengikuti latihan fisik dan latihan mental,” terang Iwan.

Baca Juga:  Apel Gabungan, Bupati OKU Berikan Penghargaan

Secara umum terang Iwan, semua pelajar yang mengikuti seleksi saat ini memiliki kualitas fisik yang sangat bagus. Di mana, para pelajar kebanyakan memiliki postur ukuran tinggi dan berat badan yang memenuhi standar serta memiliki kesehatan yang prima.

“Secara fisik sudah kelihatan. Mulai dari postur tubuh, mimik wajah dan tinggi badan sudah memenuhi. Tinggi badan untuk perwakilan di tingkat nasional, putri 165cm dan laki-laki 175cm. Semua sudah kelihatan tinggal kesehatan saja,” paparnya.
#rad

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...