Jalan Penghubung 4 Kecamatan Rusak, Iskandar Minta Bantuan Gubernur

13

Kayuagung, BP
Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar SE meminta Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH membantu kelanjutan pembangunan fisik jalan poros Sepucuk yang menghubungkan Kayuagung-Pedamaran
Timur-Cengal-Sungai Menang.

Permintaan ini disampaikan Bupati OKI saat Gubernur Sumsel melakukan  kunjungan kerja ke Kabupaten OKI sekaligus melakukan tanam pohon beberapa waktu lalu. Permintaan bupati ini direspon baik oleh gubernur meskipun tak langsung memberikan bantuan itu pada tahun ini karena sudah mulai dilaksanakannya
beberapa program Pemprov Sumsel yang teragenda di tahun anggaran 2016, memaksa permintaan bupati baru akan diupayakan terealisasi tahun depan.

“Tahun ini APBD OKI menganggarkan pembangunan Jalan Sepucuk ini 11 KM, proyek jalan ini memang dilakukan bertahap. Kami minta gubernur bantu pembangunannya 10 kilometer saja,” ucap Iskandar kepada Alex Noerdin.

Dijelaskan Iskandar, Jalan Sepucuk ini nantinya akan dilintasi proyek pembangunan tol Trans Sumatera dari perbatasan provinsi Lampung hingga perkotaan Kayuagung. Proyek tol itu saat ini sedang tahap sosialisasi pembebasan dan ganti rugi lahan kepada masyarakat.

Sedangkan gubernur mengungkapkan, banyak anggaran di Pemprov Sumsel yang sedang diefisienkan sehingga banyak pula program pemerintah yang ditunda. Pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan
hanyalah proyek proyek yang dipilih.

“Insya Allah jika keadaan membaik, harapan bupati bisa terealisasi tahun 2017. Oleh karena itu, kita ambil even even besar di Sumsel untuk menarik investor untuk membangun infrastruktur,” jelas gubernur.

Lebih jauh dijelaskannya, APBD Pemprov Sumsel tahun ini tidak sampai Rp 7 trilyun. Namun hingga tahun 2018 mendatang, dana dari APBN yang akan dikucurkan ke Sumsel di berbagai bidang mencapai angka antara Rp67 triliun hingga Rp68 triliun.

Kata Alex, meskipun APBD Pemprov Sumsel sangat kecil namun dirinya sebagai gubernur berjanji memikirkan dan membantu pembangunan Jalan Sepucuk Kayuagung.

“Tahanke dulu Pak bupati, Insya Allah dibantu di tahun 2017, tinggal beberapa bulan lagi. Sabar tapi pasti, Sumsel maju ke depan,” ucapnya. #ros