Beni Lantik Pejabat Muba Jilid III

22

Sekayu,BP

Mutasi pejabat di lingkungan Pemkab Muba kembali terjadi.  Kali ini sebanyak 141 pejabat struktural diambil sumpah secara langsung oleh Plt Bupati Muba Beni Hernedi untuk menduduki jabatan baru.

Plt Bupati Muba Beni Hernedi mengatakan Pelantikan yang dilakukan masih bagian dari tindak lanjut rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) nomor B-1153/KASN/10/2015 point ketiga yakni mencabut dan membatalkan keputusan Bupati Muba khusus yang terkait dengan pembebasan jabatan struktural terhadap 19 pegawai dan mengembalikan atau mengangkat para pegawai tersebut ke jabatan struktural dengan eselon sebagaimana dilingkungan Penkab Muba.

“Saya telah mengembalikan dan pengangkat kembali aparatur sipil negara yang tidak sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatus Sipil Negara. Semuanya sudah selesai dilaksanakan, walaupun ada beberapa tempat yang dinilai masih kurang sesuai,” ujar Beni saat dibincangi usai melantik 141 pejabat di lingkungan Pemkab Muba di Pendopoan Serasan Sekate, Jumat (11/3).

Dengan adanya pelantikan tersebut, kata dia, akan menjadi dasar bagi BKN untuk membuka blokir sistem aplikasi pelayanan kepegawaian (SAPK) yang sebelumnya tidak melayani kepengurusan kepegawaian para pejabat yang dilantik, karena pengangkatan pegawai yang bersangkutan melanggar UU.  “Pelantikan ini juga dilakukan sebagai bentuk evaluasi terhadap kinerja para pegawai, terutama pada jabatan struktural. Selain itu pelantikan ini untuk mengisi jabatan dan posisi yang kosong terutama pada eselon IV a dan IV b,” jelas dia.

Ini semua dilakukan, sambung Beni sebagai bentuk percepatan pembangunan yang pastinya tidak memungkinkan untuk menunggu kembali. “Jadi saya minta seluruh pegawai untuk bekerjalah sesuai dengan Peraturan perundang-undangan yang berlaku, bersikaplah melayani bukan dilayani, dan hiduplah sederhana. Seluruh pejabat harus bekerja lebih keras dan cepat, harus tetap optimis dan mampu mengembalikan kepercayaan rakyat,” tegas dia.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Muba, Rusydan, mengatakan, bahwa pelantikan tersebut merupakan wujud pelaksanaan rekomendasi Komisi ASN dan mengisi jabatan eseloan yang kosong.

“Hari ini sebanyak 141 pejabat yang dilantik, dengan rincian empat pejabat eselon II a, 11 pejabat eseloan II b, 24 pejabat eselon III b, 81 pejabat eselon IV a, dan 21 eselon pejabat IV b,” tandas dia.

Adapun pejabat yang diantik, diantaranya adalah Haryadi Karim yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMPD) menduduki jabaran baru sebagai Staf Ahli Bidang Pembangunan, Yusman Syarianto yang sebelumnya menduduki Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Badan Kethanan Pangan (BKP).

Lalu, Suandi yang sebelumnya sebagai Kepala BKP menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar), dan Sunaryo yang sebelumnya Kadispopar menduduki jabatan sebagai Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan. Sunaryo tercatat sebagai Staf Ahli termuda yang pernah dimiliki Pemkab Muba.

Pria kelahiran tahun 1977 lulusan STPDN Jati Nangor ini juga pernah menjabat sebagai camat di Lais dan Sungai Lilin. Untuk jabatan Kadispopar ia  juga  sudah lebih empat tahun mengemban jabatan di dinas ini

Sementara itu, Sekretaris BPMPD Bustanul Arifin juga ditugas sebagai Plt Kaban BPMPD menggantikan Haryadi Karim. Di jabatan eselon III juga terjadi promosi kepada Dicky Meiriando yang selama ini sebagai staf di Sekretariat Pemkab Muba kini menjabat Kabag Protokol Muba. Entuk eselon serupa yakni jabatan camat juga terjadi pergeseran.

Firman Hirawan, yang sebelumnya Sekretaris pada Dinas Koperasi Pasar dan Penanaman Modal dilantik menjadi Camat Tungkal Jaya bertukar posisi dengan camat sebelumnya Yakni Sugeng Riyadi. Sedangkan Alamsyah Alianda, yang pada pelantikan sebelumnya digeser dari posisi Camat Keluang menjadi Sekcam Sekayu kembali dilantik menjadi camat di Bayung Lencir menggantikan Camat Bayung Lencir Tazarni. Tazarni sendiri kini dipercaya menjadi Kabag Telsan.  Masih dalam jabatan camat, Bahrum Rangkuti kini menjabat Camat Sanga Desa menggantikan Prewan. #arf