Diserang Hama Tikus, Ratusan Hektar Padi Petani Terancam Penurunan Hasil Panen

24

Muaradua, BP
Hampir seluruh area tanaman padi dipersawahan warga Desa Tanjung Raya Kecamatan Buay Sandang Aji diserang hama tikus. Akibatnya petani padi di desa setempat terancam penurunan hasil panen.
Herman salah satu pemilik sawah mengatakan satu hektar sawahnya tiga minggu belakangan mendapat serangan tikus. Sehingga tanaman padi miliknya nyaris tinggal separuh dari jumlah seluruhnya.
“Awalnya, dari satu petak dulu, lamo kelamoan malah pindah ke petak-petak yang lainnyo, “kata dia Senin (7/3).
Menurut dia penyerangan tikus tersebut terjadi pada malam hari, sehingga ia kesulitan untuk mencegah atau mengatasi serangannya. Tak hanya itu lanjut dia, gerombolan tikus dengan cerdiknya memilih padi yang paling subur.
“Kalau hama lain masih bisa kita mencegahnya, tapi kalau tikus ini, sulit untuk membasminya, dan serangannya juga malam hari, terus makannya ditengah-tengah sawah, “keluh dia.
Untuk itu ia berharap kepada pemerintah memberikan bantuan dan mencarikan solusi untuk membasmi serangan hama tersebut. Karena kata dia, kalau bencana ini tidak segera diatasi, ia dan petani lainnya mengalami penurunan hasil panen, bahkan terancam gagal panen.
“Kami disini sangat berharap bantuan dari pemerintah, bagai mana caranya membasmi tikus-tikus ini. Supaya bisa memetik hasilnya, walapun tidak sesuai yang kami harapkan, “harap dia.
Senada dikatakan petani lainnya Purnomo, biasanya dalam satu kali panen, sawahnya maupun petani lainnya mampu menghasilkan 3 sampai 4 ton beras. Namun adahya serangan tikus ini, tentu berdampak pada pengurangan hasil.
“Kalau panen kali ini, saya tidak bisa memprediksinya, lihat saja dek bagian tengah-tengahnya rata-rata gundul dipotongi tikus. Dan ini bukan terjadi pada sawah ku saja, sawah petani lain juga kena serangannya, “kata dia.
Ia menjelaskan, ratusan hektar wilayah persawahan didesanya jika tidak segera diperhatikan pemerintahan setempat, itu artinya pemerintah tidak peduli dengan rakyat dan tidak mendukung Upaya Khusus yang diprogramkan oleh pemerintah pusat.
“Kalau pemerintah memang turut serta mengsukseskan program pemerintah pusat, tolong kami,”jelas dia. #bob.