Home / Headline / OKU Timur Kembangkan Pepaya Calina

OKU Timur Kembangkan Pepaya Calina

Martapura, BP
Upaya pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur, untuk mengembangkan berbagai jenis pepaya beberapa tahun terakhir rupanya mengalami kesuksesan. Terbukti tidak hanya pepaya California yang terkenal di OKU Timur, namun kini  petani juga sudah  mulai mengembangkan varian baru,yakni jenis  pepaya Calina.

Dari segi tampilan fisik nyaris tidak ada perbedaan antara pepaya California dengan pepaya Calina, namun setelah dikupas atau dibelah barulah terlihat perbedaannya.

Ketua Asosiasi Pasar Tani  Kabupaten OKU Timur, Yapani, mengatakan, bentuk yang sama besar, pepaya Calina memiliki berat yang lebih besar. Hal ini dikarenakan bagian dalam pepaya Calina lebih padat bahkan nyaris tidak ada biji. “Jika pepaya Calina diiris maka akan terlihat seperti bintang, tapi kalau pepaya California diiris akan terlihat bundar seperti bentuk buahnya,” ujarnya.

Menurut Yapani,saat ini petani yang berada di Kecamatan Cempaka mulai melirik potensi yang dimiliki pepaya Calina. Selain harganya yang tinggi, pepaya Calina juga memeliki prospek pemasaran yang cukup baik. Dimana setiap minggu sekitar 50 ton pepaya Calina diserap pasar. Tidak hanya pasar tradisional yang ada di Sumsel dan luar Sumsel yang siap menampung, sejumlah pasar swalayan dan supermarket ternama di Indonesia juga melirik pepaya Calina.

“Untuk di mall, pepaya Calina ini sudah masuk ke Lottemart, Carefour, Gyant, sampai Diamond. Sementara di pasar tradisional dengan mudah bisa didapatkan pepaya dengan rasa manis dan daging yang tebal ini. Inilah yang membuat petani mulai bersemangat menanam pepaya Calina, sudah harganya tinggi, hasilnya banyak, pemasarannya pun mudah. Kadang ada pembeli yang datang langsung ke Cempaka,” ungkapnya..

Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki pepaya Calina,kata Dia, perawatannya mudah dan usia tanam yang cukup singkat untuk berbuah. Dimana pepaya Calina dalam waktu tujuh bulan sudah bisa panen. Di Kecamatan Cempaka sendiri luas areal tanaman pepaya Calina mencapai 80 hektar yang seluruhnya milik petani sekitar. Dalam setiap hektarnya bisa ditanam sebanyak 1.400 batang pepaya Calina.

“Dalam setiap batang pepaya Calina mampu dipanen sebanyak 25 kilogram buah pepaya. Jadi kalau dikalkulasikan, setiap satu hektar mampu menghasilkan panen pepaya sebanyak 35 ton. Dan ini akan berlangsung secara berkesinambungan karena tanaman ini terus berkembang dan berbuah,”imbuhnya. Cr1

x

Jangan Lewatkan

Tambah 47 Kasus, Pasien Covid-19 di Sumsel 7.229 pada 20 Oktober

Palembang, BP Pasien positif Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bertambah 47 orang. Hal ini diketahui berdasarkan laporan media harian Covid-19 ...