Home / Bisnis / Pasar Modal di Sumsel Terus Tumbuh

Pasar Modal di Sumsel Terus Tumbuh

pasar-modalPalembang, BP

Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Palembang mencatat nilai transaksi yang dilakukan investor di Sumatera Selatan (Sumsel) tumbuh dua kali lipat selama dua bulan terakhir dibanding tahun lalu.

Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Palembang Early Saputra mengatakan, total nilai transaksi mencapai Rp404,2 miliar per bulan pada tahun ini. “Sementara jika dilihat pada tahun lalu, nilai transaksi bulanan hanya Rp225 miliar, terjadi pertumbuhan sampai dua kali lipat,” katanya, Rabu (2/3).

Early mengatakan, pertumbuhan nilai transaksi itu tidak terlepas dari adanya new single investor ID (SID) di Sumsel yang mencapai 471 SID. Jumlah tersebut, kata dia, merupakan pencapaian tertinggi jika dibandingkan penambahan sepanjang tahun lalu yang sebanyak 874 SIDdan SRE sebanyak 1.023. Adapun total transaksi sepanjang tahun lalu tercatat Rp2,7 triliun.

“Jumlah penambahan itu selama setahun sedangkan pada Januari 2016 sudah bisa mencapai separuhnya,” katanya. BEI Palembang sendiri menilai penambahan nilai transaksi dan SID itu bisa menjadi indikator bahwa tingkat inklusi industri pasar modal di Sumsel terus tumbuh.

Sebelumnya, Direktur Penilai Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Syamsul Hidayat, mengatakan, transaksi saham oleh investor Sumsel itu mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. “Di Palembang terdapat 12 perusahaan sekuritas dan telah mencatat transaksi lebih dari Rp2 triliun sejak awal 2015,” katanya, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, pertumbuhan investor dan transaksi di Palembang cukup bagus sehingga membuat pihaknya membuka kantor perwakilan di kota itu. Syamsul menambahkan, selain itu potensi BUMD melakukan IPO juga merupakan salah satu alasan pihaknya membuka kantor perwakilan di provinsi itu.#ren

x

Jangan Lewatkan

Pjs Bupati OKU Dipegang Muhammad Zaki Aslam

Baturaja, BP–Pengukuhan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati OKU Oleh Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru Bertempat di Griya Agung Palembang Sumsel, ...