Home / Bisnis / Daya Beli Masyarakat Belum Stabil

Daya Beli Masyarakat Belum Stabil

belanjaPalembang, BP

Daya beli masyarakat di Sumatera Selatan (Sumsel) sejak awal tahun 2016 ini belum menunjukan grafik yang stabil, sempat membaik pada Januari dengan tingkat inflasi sebesar 0,33 persen. Namun memasuki Februari kembali terjadi penurunan.

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel mencatat, pada Februari Provinsi Sumatera Selatan justru mengalami deflasi sebesar -0,14 persen, laju inflasi kumulatif sampai dengan Februari 2016 sebesar 0,19 persen dan laju inflasi year on year 5,07 persen.

“Perhitungan tersebut didapat setelah dua kota di Sumsel yakni Palembang dan Lubuklinggau yang menjadi acuan perhitungan tingkat inflasi Sumsel sama-sama mengalami deflasi pada Februari,” kata Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel Sasmito Hadi Wibowo.

Dikatakannya, untuk Kota Palembang Februari mengalami deflasi sebesar -0,11 persen. Laju inflasi kumulatif tahun 2016, sebesar 0,21 persen. Sementara laju deflasi yoy 4,98 persen. “Berdasarkan kelompok pengeluaran, tiga kelompok mengalami penurunan indeks harga yaitu bahan makanan sebesar-1,01 persen, perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar -0,55 persen, serta kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar -0,35 persen,” katanya.

Sektor komoditas yang mengalami penurunan harga dengan andil deflasi tertinggi di Kota Palembang antara lain, daging ayam ras, tarif listrik, bawang merah, tomat sayur, dan televisi.

Sementara dari Lubuklinggau, deflasi sebesar -0,43 persen. Komoditas yang mengalami penurunan harga yang menyebabkan deflasi antara lain daging ayam ras, bawang merah, tomat sayur, tarif listrik dan cabai merah.

Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel Sutono mengatakan, pemerintah daerah jangan terlena dengan komoditas yang harganya saat ini menunjukkan penurunan.

“Pemprov diminta menjaga inflasi pada tahun ini dengan rutin mencermati perubahan harga setiap komoditas sehingga inflasi tetap terkendali seperti tahun lalu,” katanya.#ren

x

Jangan Lewatkan

Truk Muatan Serbuk Soda Terbalik Nyaris Timpa Rumah Warga

Palembang, BP Sebuah truk tronton dengan nomor polisi B 9288 KYT bermuatan puluhan ton serbuk soda terbalik dipinggir Jalan Mayjen ...