Home / Headline / 7 Desa di Mura Masih Sangat Tertinggal

7 Desa di Mura Masih Sangat Tertinggal

tertinggal.jpg-201512080840261Muarabeliti, BP

Sebanyak tujuh desa di Kabupaten Musi Rawas (Mura) hingga saat ini masih masuk dalam kategori desa sangat tertinggal, bahkan empat dari ketujuh desa tersebut, berada di wilayah Kecamatan Bulang Tengah Suku (BTS) Ulu, yakni Desa Gunung Kembang Lama, Desa Gunung Kembang Baru, Desa Lubuk Pauh, dan Desa Kembang Tanjung.

Sementara, tiga desa lainnya, yakni Desa Paduraksa di Kecamatan STL Ulu Terawas, lalu Desa Taba Tengah di Kecamatan Selangit, serta terakhir Desa Sindang Laya (SP11) di Kecamatan Muara Lakitan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Mura Dian Candra mengungkapkan, untuk daerah yang masuk kategori tertinggal, hingga saat ini ada sebanyak 31 desa yang tersebar di berbagai kecamatan di Mura.

“Untuk menbangun desa yang masih kategorinya sangat tertinggal, termasuk kategori desa tertinggal, rencananya akan dimaksimalkan dalam penggunaan dana desa (DD). Sekarang pedoman dalam penggunaan DD dan arah alokasi DD sudah dibuat,” ungkapnya, Selasa (1/3).

Dijelaskannya, dalam penggunaan DD, ke depan diprioritaskan dalam hal pembangunan, berdasarkan dengan Permendes nomor 21 tahun 2015, untuk mempercepat pembangunan melalui pengoptimalan DD.

“Kami akan sinkronkan pembangunan desa dengan jumlah desa tertinggal, sebab di dalam desa sangat tertinggal ada kategorinya juga,” katanya.

Ia menyampaikan, untuk desa yang klasifikasi desa tertinggal ada 31 desa, rinciannya yakni di Kecamatan Muara Kelingi terdapat empat desa, salah satunya Desa Sukakarya, lalu di Kecamatan Tugumulyo ada empat desa, di Kecamatan Muara Lakitan ada lima desa, dan di Kecamatan Muara Beliti terdapat tiga desa.

“Kalau di Kecamatan BTS Ulu ada tiga desa, di Kecamatan Megang Sakti ada lima desa, lalu di Kecamatan Jayaloka ada dua desa, kemudian di Kecamatan Sumber Harta ada dua desa, serta di Kecamatan Purwodadi ada satu desa,” bebernya.

Berdasarkan data tersebut, ia mengaku hanya empat kecamatan yang tidak memiliki desa dengan klasifikasi tertinggal, yakni di Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK), Kecamatan Selangit, STL Ulu Terawas, serta Tuah Negeri.

“Indikator desa membangun cukup banyak, misalnya dilihat dari sektor kesehatan, pendidikan, modal, sosial dan pemukiman. Kalau dirinci total indikator penilaiannya ada 52 item,” ungkapnya. #wan
x

Jangan Lewatkan

Maling Kabel di Hajar Massa

  Palembang, BP Yadi (24)  babak belur di hajar warga yang di Jalan Jendral Sudirman lantaran kepergok melakukan aksi pencurian ...