PON, Catur Optimis Empat Emas

10

Palembang, BP

2302.09.02.FerMeskipun banyak atlet mengeluhkan sikap KONI Sumsel yang terus mengulur program Pelatda menjelang PON yang kemudian akan berdampak pada kekuatan atlet, akan tetapi hal ini berbeda dengan cabang olahraga catur.

Malahan, cabor ini optimis mampu merebut empat medali emas.

“Mundurnya Pelatda kalau kami tidak berpengaruh secara signifikan karena tim kami juga terus latihan di akademi,” ujar Sekretaris Umum (Sekum) Percasi Sumsel, Mursili Tjik Aman, SSos, Senin (22/2).

Musim ini catur Sumsel akan mengandalkan pecatur senior yang tak diragukan lagi yakni Kasmiran yang akan turun di perorangan dan beregu. Untuk itulah tim yang terdiri 11 orang itu terus menjalani latihan.

“Kalau di Pelatda mungkin kita kebugaran yag penting karena kita mengandalkan cara kerja otak. Ada lima putri dan enam putra, saat ini masuk dalam program Kawah Candradimuka sebelum turun di Pelatda,” terang pria yang juga Wakil Ketua KONI Musi Banyuasin (Muba) ini.

Program yang memanfaatkan digital ini sendiri diharapkan mampu menutup kemunduran program Pelatda karena program ini bisa dilakukan setiap saat. Bahkan bisa dilakukan sebelum tidur baik itu menggunakan komputer, laptop ataupun gadget.

Meskipun target Percasi Sumsel jauh dari PON Riau yang harus puas dengan perunggu, Mursili menegaskan hal tersebut didasarkan oleh perkembangan kekuatan pecatur Sumsel.

“2012 kita perunggu, kita belum ada Akademi (ACSS-red). Dan mudah-mudahan 11 orang ini akan mampu menyelesaikan target yang kita pasang,” urainya.

#adk