Sirkuit MotoGP Akan Gunakan 80 Hektar Lahan

22

156627_03330101102014_Alex_NoerdinPalembang, BP
Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), telah memastikan batal menyelenggarakan balap MotoGP pada 2017. Alasannya, seperti diberitakan pada 28 Januari lalu, biaya renovasi Sirkuit Sentul di Jawa Barat tak mungkin dibiayai dana pemerintah (APBN).
Sentul masih mungkin menggelar MotoGP 2017 apabila dana renovasi dicari sendiri dan bukan dari pemerintah. Sebagai calon pengganti, Pemprov Sumatera Selatan melalui Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menawarkan kawasan Jakabaring untuk dijadikan sirkuit internasional yang bisa menggelar balapan MotoGP.
Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengaku sudah menyiapkan lahan  untuk sirkuit MotoGP tersebut.
“Nanti akan ada pembicaraan dengan Dorna, mereka akan meninjau ke sini, persyaratan apa yang mereka inginkan, kelayakan kita. Apakah kita layak ataukah kita kompoten untuk itu, masih panjang, paling tidak persetujuan presiden sudah dapat,” katanya usai menjadi pembicara dalam  seminar nasional dengan tema ‘Dampak Penyelenggaraan Asian Games Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera Selatan’, di Hotel Novotel Palembang, Sabtu (20/2).
Luas lahan untuk sirkuit MotoGP menurut Gubernur sudah siapkan 120 hektar namun yang akan terpakai sekitar 80 hektar.
“Yang jelas insya Allah secepatnya,” katanya.
Untuk studi banding pembangunan sirkuit MotoGP, menurut Gubernur, kemungkinan akan ke Sepang, Malaysia.#osk
Baca:  2018, Palembang Gelar MotoGP