PAUD Tetap Jadi Prioritas

8

foto paud untuk onlinePalembang, BP

Pemisahan Kementerian Pendidikan Dasar Menengah dan Kebudayaan dengan Kementerian Pendidikan Tinggi dan Ristek menuai pro dan kontra di beberapa pihak. Sebagian masyarakat menganggap pemisahan kementerian tersebut tidak mengangkat derajat jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pasalnya, jenjang PAUD tidak dimasukkan dalam nama kementerian yang baru.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo mengatakan, meskipun pemisahan Kementerian Pendidikan tidak memasukkan nama PAUD, tetapi jenjang PAUD tetap menjadi prioritas untuk diperhatikan.

Baca:  Babinsa Pulokerto Cek PAUD Permata Insani

“Tidak ada upaya untuk mengecilkan jenjang PAUD, sebelumnya juga tidak ada nama PAUD dalam Kementerian. Hanya saja, PAUD tetap di bawah Kemendikbud,” kata Widodo, Jumat (19/2).

Ia menjelaskan, PAUD merupakan pendidikan yang mendasar dan menjadi tempat pengembangan kemampuan kreativitas anak usia dini.

“Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir, PAUD tetap menjadi bagian penting dari Kemendikbud, dan program pengembangan PAUD akan lebih diperbanyak,” ujarnya.

Baca:  Muratara Baru Punya 6 PAUD

Ia menegaskan, wacana penghapusan PAUD tidak benar bahkan Dinas Pendidikan Sumsel berkomitmen mengedepankan rencana program kerja untuk pengembangan PAUD.

“Di Sumsel mempunyai program satu PAUD di setiap kecamatan. Jadi, khusus di Sumsel tidak mungkin akan mengerdilkan fungsi PAUD, justru kami akan terus mengembangkan PAUD,” pungkasnya.#adk