Palembang Canangkan Gerakan Bersih dari Sampah 2020

10

IMG_20160211_020101Palembang, BP   
    Aksi peduli lingkungan dalam bentuk kegiatan Gerakan Bersih dari Sampah 2020 bakal  digelar pada 21 Februari mendatang dengan memilih lokasi Benteng Kuto Besak (BKB) pada pukul 14.00
Dalam pelaksanaan acara tersebut sejumlah pihak dilibatkan, seperti Sahabat Walhi bekerja sama dengan Hilo Green Comunity (HGC) Palembang akan membuat sebuah workshop dan Dewan Kesenian Palembang (DKP) ‎yang akan mementaskan sebuah teaterikal tentang kepedulian lingkungan.
“Selama ini kegiatan sudah sering kami lakukan seperti penghematan pemakaian botol plastik dengan mengajak masyarakat agar menggunakan boss termos dari almunium dan selalui diisi ulang. Kemudian melakukan penanaman di sejumlah sudut taman kota dan sekarang kita mendukung kegiatan pemerintah dengan mengadakan gerakan bersih dari sampah 2020,” kata Ketua HGC Palembang Kevin Deandra‎ yang juga didampingi oleh humas acara, Dwi Sintya, Jumat (12/2).
Kevin mengaku jika komunitas yang telah berdiri sejak 17 Agustus 2012 ini telah merangkul tak kurang dari 18 komunitas lain untuk turut serta melakukan berbagai kegiatan peduli lingkungan.
Komunitas yang ber-basecamp di kawasan Way Hitam, Palembang ini juga telah memiliki anggota aktif tak kurang dari 48 orang yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pekerja swasta hingga para mahasiswa.
“Contoh aksi nyata HGC lainnya yakni mengurangi sampah plastik ketika berbelanja di market selalu membawa rescebule back campaign dengan memasukkan belanjaan ke rescebule back itu tanpa mengambil plastik kresek yang biasa diberikan tempat belanja,” kata Kevin.
“Lalu ada juga namanya gerakan ayo nebeng yang artinya penghematan emisi kendaraan. Dimana yang jika kita biasanya naik motor sendiri sendiri untuk mengurangi polusi kita nebeng teman saja. Dengan begitu polusi kendaraan berkurang,” katanya.
Sementara itu, salah satu pengurus DKP, Martha Astra, menyambut baik kerjasama mereka dengan HGC tersebut. Dimana ditengah kemajuan zaman saat ini ternyata masih ada sekelompok orang yang peduli akan lingkungan.” Ini merupakan kegiatan positif dan harus didukung,” ujarnya singkat.#osk