Jalinsum Lahat-Pagaralam Makin Amblas

12

Lahat, BP
Sejak dua bulan terakhir, hujan semakin memperparah kondisi jalan lintas P_20160212_121501Sumatera (Jalinsum) Lahat-Pagaralam yang rusak. Di paling tidak lebih dari empat titik, di Kecamatan Pulau Pinang, dimulai dari Desa Kuba, Karang Dalam, Tanjung Sirih, Lubuk Sepang, hingga Desa Pulau Pinang.

Pantauan kemarin, terlihat parahnya jalan tersebut tidak hanya separuh tapi hingga kedua sisi kiri dan kanan jalan yang amblas. Sementara posisi jalan tersebut melalui jurang-jurang yang dalam. “La ado kalo sebulan parah amblesnyo dek, padahal yang lewat kendaraan besak galo di sini,” kata Yudha (42), warga Pagaralam yang melintas.

Baca:  Jalan Provinsi Terancam Putus

Kondisi jalanan licin diperparah lagi tumpahan tanah merah dari atas bukit bersama air yang mengalir akibat hujan, longsoran tanah ini membasahi jalan membuat kondisi jalan makin sulit dilalui. “Mobil dan motor, samo be harus hati-hati. Jurang, jalanan licin, tanah merah campur air hujan membuat jalanan sulit dilalui,” ungkap Yudi.

Lebih membahayakan lagi saat malam hari, dari pihak Dishubkominfo atau Satlantas tidak berada di sana, membuat masyarakat yang melintas apabila tidak hafal dengan kondisi kerusakan bisa berakibat fatal. Kondisi fatal lainnya bila tidak diperingatkan truk dan kendaraan besar, jalan makin amblas dan kemungkinan putus karena tak bisa dilalui. “Ado tali kuning hitam dienjuk di situ, ai tapi katekla pengaruhnyo. Kalo ujan tambah deres pacak be jalan ini putus,” ucap Marlianto (35), salah satu sopir angkutan pedesaan.

Baca:  Jalan Amblas, Mengundang Kendaraan Jatuh ke Gorong-gorong

Warga setempat akhirnya berjaga di sekitar lokasi, dan mendapatkan donasi sekedarnya berjaga siang dan malam di perlintasan ini. “Cak seminggu lebih la, warga jago maini. Satu sisi kito untung karena ada penjagaan warga dan kalo ado kejadian cepat ketauan, sisi lain, terjadi pungutan liar yang lambat laun mengkhawatirkan jika tidak diperhatikan,” paparnya.

Baca:  Jalan Amblas, Mengundang Kendaraan Jatuh ke Gorong-gorong

Mereka berharap campur tangan dari pihak terkait mengatasi masalah Jalinsum ini, supaya tidak berakibat fatal, sementara curah hujan semakin tinggi semakin hari di Kabupaten Lahat dan Pagaralam. #ufi