Bandara Talang Betutu Terbengkalai

40

# Potensial Untuk Pesawat Asing AG 2018

 Kondisi Bandara Talang Betutu saat ini terbengkalai, bahkan tidak ada aktivitas lagi sejak ditutup 16 tahun lalu. Bandara pertama di Sumatera Selatan ini sangat potensial sebagai pendukung pesawat asing ke Palembang saat Asian Games (AG) 2018.

 Bandara Talang Betutu Terbengkalai (1) Bandara Talang Betutu Terbengkalai (2)Palembang, BP

Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud ) Palembang Kolonel Pnb Ronald Lucas Siregar mengatakan Bandara Talang Betutu ini ditutup sejak 2004, sudah 16 tahun, setelah itu tidak ada aktivitas lagi.

Baca:  Esk Bandara Talang Betutu Palembang Terbengkalai

“Kalau kondisi Bandara Talang Betutu begini dilihat orang asing apa kata mereka, kok bekas bandara tidak dirawat. Kita minta perhatian dari Pemprov Sumsel agar Bandara Talang Betutu ini bisa diperbaiki dan lebih bagus lagi,” katanya.
Dijelaskannya, sejumlah bangunan di Bandara Talang Betutu sebagian milik PT Angkasa Pura namun Gedung VIP Bandara Talang Betutu milik Pemprov Sumsel.
Dia juga menilai Bandara Talang Betutu kini menjadi tugas rumah bagi Pemprov Sumsel. “Lihat ada pohon tumbuh dalam bangunan Bandara Talang Betutu, kok seperti ini,” katanya.
Selain itu, Ronald berjanji akan menata bangunan dan lingkungan dalam areal Lanud Palembang.

Baca:  Pesawat Terbang KLM Royal Dutch Airlines Jatuh Di Talang Betutu Tahun 1937

Ronald mengaku Lanud Palembang memiliki tanggung jawab sekitar Bandara SMB II Palembang dalam pelaksanaan Asian Games 2018.             “Dengan personel yang kita miliki, apabila kita merasakan kurang maka minta tambahan personel di bawah kendali operasi dari Angkatan Udara. Apakah dari perintah atasan, dari Lanud sekitar sini, atau langsung dari Jakarta,” katanya.
Selain itu, jika personel Lanud Palembang banyak dalam dua tahun nanti, memungkinan melakukan pengamanan di Jakabaring Sport City (JSC). “Karena kebanggaan bagi Sumsel, khususnya Palembang menjadi tuan rumah bersama Jakarta Asian Games 2018. Terus terang, saya datang ke sini 9 Januari, saya kaget lihat ada proyek light rail transit (LRT) di tengah jalan, Jakarta aja baru kemarin, Palembang sudah, dan saya tanya kota lain belum ada,” ucapnya. #osk

 

Baca:  Pesawat Terbang KLM Royal Dutch Airlines Jatuh Di Talang Betutu Tahun 1937