Ultimate magazine theme for WordPress.

Maret, Bupati-Wabup Terpilih Sudah Dilantik

 pelantikan-ilustrasiPalembang, BP

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah mengajukan permohonan kepada Kementerian Dalam Negeri RI untuk mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pelantikan tujuh pasang kepala daerah terpilih pada penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak, 9 Desember 2015.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Sumsel Drs Ikhwanuddin mengatakan, proses pemilihan sudah tidak ada masalah lagi. beberapa calon yang sempat menggugat keputusan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) ke Mahkamah Konstitusi pun telah diputuskan.

“Permohonan SK Mendagri ihwal pelantikan sudah kami ajukan pekan lalu. Kini tinggal menunggu SK tersebut sampai di Pemprov, setelahnya membicarakan tanggal pelantikan. Secepatnya pelantikan, paling lambat Maret,” ujarnya usai Rapat Persiapan Pelantikan Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak, Senin (1/2).

Baca Juga:  Inilah Janji Politik 7 Bupati Usai Pelantikan

Pelantikan  tujuh pasang bupati-wakil bupati oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin ini pun direncakan digelar secara serentak di Palembang Sport and Convention Center. Ikhwanuddin menuturkan, pihaknya akan menggelar pelantikan disitu karena dipastikan banyak yang akan hadir apabila ketujuh pasang kepala daerah dilantik secara bersamaan.

Untuk urusan kapasitas, PSCC memang jauh lebih luas ketimbang Graha Bina Praja di Kantor Gubernur Sumsel yang biasa menjadi lokasi pelantikan kepala daerah. PSCC diketahui dapat menampung hingga 4.000 lebih orang.

Ditambahkan Kepala Biro Otonomi Daerah Setda Sumsel Drs Amsin menambahkan, menurut pentunjuk Mendagri, secara nasional ada dua gelombang tahapan pelaksanaan pelantikan  yakni Maret dan Juni. Karena tidak ada masalah, Sumsel bisa menggelar pelantikan secepatnya.

Baca Juga:  200 Polisi Amankan Pelantikan Tujuh Bupati

Seperti diketahui pasangan kepala daerah terpilih Kabupaten Ogan Ilir yakni AW Nofiadi Mawardi-M Ilyas Panji, PALI Heri Amalindo-Ferdian Andreas Lacony, bupati-wabup Ogan Komering Ulu (OKU) terpilih yakni Kuryana Aziz-Johan Anwar, OKU Timur M Kholid-Fery Antoni, OKU Sselatan Popo Ali Maropoi-Sholehien Abuasir, Mura oleh Hendra Gunawan-Suwarti, dan Muratara Syarif Hidayat-Devi Suhartoni.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel H Mukti Sulaiman mengatakan, dengan dilantiknya kepala daerah terpilih, maka selesai pula tugas para Penjabat (Pj) Bupati di tujuh daerah tersebut.

Baca Juga:  Oknum Propam Polda Sumsel Tertangkap Bawa Sabu

“Pelantikan nanti menandakan tugas Pj Bupati selesai, dan bupati-wakil bupati terpilih dimulai. Enam Pj Bupati yang telah bertugas di daerah akan kembali ke jabatannya semula di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumse,” tutur Mukti.

Namun hal tersebut tidak berlaku bagi Pj Bupati Muratara Agus Yudiantoro. Agus yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) telah digantikan secara permanen oleh Yusnin.

“Tentunya nanti akan ada posisi lain yang diemban Agus. Nanti gubernur yang berwenang untuk menempatkannya dimana,” tutupnya. #idz

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...