Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

Semarak Tahun Baru di Edinburgh, Skotlandia

DCIM100GOPROGOPR0060.
Maya Susanti dan beberapa mahasiswa Indonesia di Skotlandia di tengah semarak perayaan tahun baru di Edinburgh.

HAPPY new year, dear!” Adalah kalimat yang paling sering terdengar selama torchlight procession atau pawai obor di Edinburgh (Baca: Edinbra). Sebanyak 8.000 peserta menyemarakkan pawai obor sebagai awal dari hogmanay festival atau perayaan pergantian tahun di Edinburgh, Ibukota Skotlandia, negara bagian utara di Britania Raya ini.

Hujan rintik dan suhu yang mencapai -1 derajat celcius tidak mengurangi niat para peserta untuk berpartisipasi menciptakan lautan obor di sepanjang jalanan utama di pusat kota. Berbekal obor yang harus dibeli sebelumnya dengan harga 12 poundsterling atau sekitar 250.000, peserta berkumpul di George IV Square menuju landmark Calton Hill yang berjarak sekitar 2 km. Setelah mendaki Calton Hill, peserta lantas disambut dengan live music yang spektakuler hingga pesta kembang api yang memukau.

Selintas, pawai obor semacam ini tampak biasa bagi masyarakat Indonesia yang sering melakukan hal sama menjelang Ramadhan, khususnya di beberapa kota santri. Namun yang spesial di torchlight procession adalah ketertiban dan suasana sisa-sisa perayaan Natal di sepanjang jalan. Selain itu, dana yang terkumpul akan disumbangkan sepenuhnya ke UNICEF untuk kegiatan kemanusiaan. Tradisi ini telah berlangsung sejak 22 tahun yang lalu, berakar dari tradisi kaum viking yang tinggal di wilayah Skotlandia sejak abad ketujuh. Tujuan utamanya adalah untuk mengusir roh jahat hingga siap menyambut tahun baru.

Hogmanay festival di Edinburgh diklaim sebagai yang terbesar di dunia. Dengan rangkaian acara yang dimulai sejak tanggal 30 Desember hingga 1 Januari. Tahun ini, acara diawali dengan torchlight procession, dilanjutkan dengan street party atau panggung pentas tanggal 31 Desember, hingga old city tour atau arak-arakan sepanjang kota tua di Edinburgh.

Setiap tahunnya, sekitar 300.000 pengunjung dari 70 negara berkumpul di Edinburgh  untuk menyaksikan rangkaian perayaan pergantian tahun baru.  Perpaduan unsur tradisional yang dibalut dengan penyelenggaraan yang apik dan tertib tampak menjadi keunggulan hogmanay festival di Edinburgh. Tak heran, the Discovery Channel menempatkan festival ke dalam TOP 25 World Travel Experiences yang harus dikunjungi. #maya susanti

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...