Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

Tambang Ilegal di Tepi Musi Cemari Lingkungan

1427945513-foto_barut_aPalembang, BP
Selain melanggar hukum, keberadaan tambang-tambang ilegal di pinggiran Sungai Musi juga dinilai oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumsel telah menyebabkan kerusakan serta pencemaran lingkungan. Sungai Musi yang telah menjadi sumber air masyarakat Sumsel sejak jaman dahulu pun sudah semakin rusak ekosistemnya.
“Sesuai dengan peraturan perundang-undangan mengenai pertambangan menjelaskan bahwa setiap kegiatan penambangan ilegal merupakan pelanggaran terhadap hukum. Karena dalam kegiatan penambangan tersebut yang bersangkutan tidak memiliki izin resmi,” ungkap Direktur Eksekutif Walhi Sumsel Hadi Jatmiko kepada BeritaPagi, Kamis (31/12).
Menurut Hadi, jika memang penambangan ilegal benar terjadi dan dilakukan oleh oknum tertentu, pemerintah dan aparat penegak hukum harus melakukan penegakan hukum dan menertibkan seluruh penambang. Karena, setiap kegiatan penambangan ilegal pasti akan terjadi perusakan lingkungan.
“Hal ini sudah jelas, setiap ada kegiatan penambangan ilegal pasti merusak lingkungan. Apalagi jika ini terjadi di Sungai Musi, ekosistem yang selama ini terjaga bisa rusak dan hancur,” tuturnya.
Sampai saat ini, lanjut Ia, pihaknya juga belum sempat melakukan investigasi terkait keberadaan tambang-tambang ilegal yang ada di sepanjang aliran sungai musi. Pihaknya juga belum mengetahui jumlah kasus dan tambang ilegal yang ada.
“Kami belum sempat melakukan investigasi terhadap tambang ilegal seperti tambang pasir atau tambang lainnya. Tapi, mungkin kedepan kami akan segera melakukan investigasi terhadap keberadaan tambang ilegal ini. Jadi kami juga bisa tahu data tambang-tambang legal maupun yang ilegal,” ungkap Hadi.
Dirinya juga menganggap, upaya pemerintah dan aparat penegak hukum dalam menertibkan para penambang yang ada di sepanjang aliran sungai musi ini belum dilakukan secara maksimal.
“Masih ada saja penambang yang tidak memperhatikan lingkungan sekitar. Harusnya bukan hanya menambang untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, tapi penambang juga harus memperhitungkan dampaknya terhadap masyarakat sekitar lokasi penambangan yang bisa terganggu dengan aktivitas tersebut,” ucapnya.
Dirinya berharap, pemerintah dan aparat penegak hukum dapat lebih tegas menyikapi kegiatan penambangan ini. Bukan hanya yang tidak mempunyai izin (ilegal) saja, tetapi juga yang sudah mempunyai izin sekalipun harus tetap ditertibkan agar jangan sampai merusak lingkungan.
“Tambang yang sudah punya izin pun harus diberi teguran atau sanksi oleh aparat penegak hukum. Jika memang para penambang tersebut terbukti melakukan pelanggaran hukum,” tandasnya. #dil
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...