Tempat Produksi Kemplang Terbakar

21

Api Berasal dari Penggorengan

20151227_145616Palembang, BP
Sebuah tempat produksi kemplang yang terletak di lantai tiga Ruko Kemplang Keong Mas, di Jalan Mayor Salim Batubara, Lorong Kelapa II, No 2713, RT 40 RW 10, Kelurahan 20 Ilir D-1, Kecamatan Ilir Timur (IT) I, Palembang, Minggu (27/12) sekitar pukul 14.00.

Api yang berkobar berasal dari penggorengan kemplang setelah diduga lalai ditinggal dua karyawan yang tengah bertugas menggoreng kemplang. Tanpa disadari, api langsung membesar dan membakar tempat tersebut.

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa. Namun, seluruh barang-barang dan kemplang milik Joni alias Atet (44) yang berada di lantai tiga tersebut dipastikan hangus terbakar setelah dilalap si jago merah.

Baca:  Kebakaran Tengah Malam, 7 Rumah dan Mushala Hangus

Bahkan, api yang sudah berkobar berhasil dipadamkan setelah warga saling membantu dengan dibantu sedikitnya tiga unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Palembang yang diturunkan ke lokasi kejadian tersebut.

Ditemui di lokasi kejadian, dikatakan warga sekitar, Bernat (49), dirinya mengetahui ruko tempat produksi kemplang yang berada di samping rumahnya terbakar setelah dihubungi tetangga di tempat ia tinggal.

“Rumah ini dijadikan pemilik rumah, Atet sebagai tempat produksi kemplang. Sedangkan tokonya, Kemplang Keong Mas berada di samping Lorong Kelapa II,” ujar Bernat.

Baca:  Gubernur Pastikan Kebakaran Tak Ganggu Atlet Bertanding di JSC

Menurut Bernat, informasi yang diperoleh, api berasal ketika karyawan di ruko tersebut tengah memanasi minyak di penggorengan kemplang. Belum sempat menggoreng kemplang itu tiba-tiba api sudah menyala dan langsung membesar.

“Tetapi untung yang terbakar hanya dibagian atas sehingga tidak menyebar. Kalau yang terbakar di bawah pasti sudah hangus semua itu,” katanya.

Menurut keterangan pemilik rumah, Atet, ia sudah menjalani bisnis ini selama 15 tahun dan belum pernah terjadi. Pada saat peristiwa itu, dirinya tengah berada di bawah. Sedangkan di atas terdapat dua karyawannya yang tengah bertugas menggoreng kemplang.

“Awalnya bunyi kerupuk yang digoreng, saat dicek terlihat asap dari lantai tiga, saat ke atas api sudah membesar. Sebelumnya juga sempat dipadamkan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan-red) namun tidak bisa dihindari lagi,” jelasnya.

Baca:  11 Rumah, 4 bedeng  Terbakar di Kebakaran di Lr Serengam I, 32 Ilir

Sementara Kapolsek IT I Palembang AKP Zulkarnain, melalui Kanit Reskrim Ipda Alkap, menjelaskan, setelah mendapat informasi dari masyarakat adanya kebakaran, pihaknya langsung mendatangi lokasi kejadian untuk mengecek langsung.

“Penyebab kebakaran yang terjadi diduga dari tempat penggorengan kemplang yang berada di lantai tiga. Selain itu, dari musibah kali ini tidak ditemukan adanya korban jiwa,” pungkas Alkap. #rio

Area lampiran