Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-24

Status Kuning, Keamanan Bandara Ditingkatkan

#Turunkan Anjing Pelacak

IMG_8890Palembang, BP
Pengamanan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang diperketat sejak satu pekan lalu. Hal tersebut menyusul pengamanan rutin Operasi Lilin dalam suasana Natal dan Tahun Baru, serta instruksi Kementerian Perhubungan untuk menerapkan status kuning di seluruh bandara di Indonesia.

General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang Iskandar Hamid mengatakan, pihaknya meningkatkan kewaspadaan khususnya terhadap barang bawaan penumpang dan kargo.

“Kami bekerja sama dengan Polda Sumsel untuk menurunkan pasukan K-9 yang dilengkapi seekor anjing herder untuk melacak bahan peledak, senjata, serta barang berbahaya lainnya pada barang yang masuk bandara, menyusul meningkatnya ancaman terorisme yang ditetapkan Kapolri beberapa waktu lalu,” tuturnya.

Status kuning, dijelaskan Iskandar, merupakan kondisi siaga dan waspada agar pengamanan di bandara diperketat, karena bandara merupakan gerbang keluar masuk daerah yang utama.

Dengan diterapkannya status kuning ini, pihaknya menambah jumlah personil keamanan dengan didukung penuh oleh Polri dan TNI, sistem keamanan lebih diperketat, dan penjagaan pun diintensifkan.

Hingga waktu tidak terbatas, Arow, nama anjing yang diturunkan Direktorat Sabhara Polda Sumsel akan terjun berjaga di bandara. Didampingi tiga petugas polisi, Arow
mengecek satu per satu barang bawaan penumpang.

Kepala Tim K-9 Bandara SMB II Direktorat Sabhara Polda Sumsel Bripka Endang menjelaskan, mengandalkan penciuman Arow yang tajam pihaknya akan mengantisipasi masuknya barang-barang berbahaya, khususnya bahan peledak atau bom yang masuk ke Sumsel melewati bandara.

“Arow sudah dilatih selama dua bulan khusus untuk mengendus keberadaan bahan peledak. Penciumannya sangat sensitif terhadap itu. Dari jarak dua meter bila ada bahan peledak, maka Arow akan bereaksi,” jelasnya.

Pihaknya siaga penuh di Bandara SMB II dari pagi hingga malam untuk mengamankan bandara dari barang berbahaya khususnya peledak.

Petugas gabungan telah siaga dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2016 di Bandara SMB II Palembang. PT Angkasa Pura II bekerja sama dengan kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, otoritas bandara, serta tim kesehatan.

Di posko tersebut, petugas akan melakukan pemantauan keamanan bandara termasuk pencatatan pergerakan penumpang baik yang tiba maupun meninggalkan bandara SMB II.

PT Angkasa Pura II pun mempersiapkan mobil ambulans bagi penumpang yang membutuhkan pertolongan kesehatan. Posko dibuka sejak 22 Desember hingga 4 Januari 2016 mendatang.

Libur panjang akhir tahun ini menyebabkan jumlah penumpang meningkat. Meskipun penumpang bertambah, Bandara SMB II Palembang belum overload. Saat ini, kapasitas bandara baru terpakai 60 persen atau 9.000 penumpang per harinya. Tahun lalu, penambahan penumpang sekitar 30 persen dan tahun ini pun diperkirakan mendekati angka tersebut. #idz

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...