Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

JK: Kalau Semua Gubernur Seperti Alex

Menpora Iamam Nahrawi bersama Gubernur Sumsel H Alex Noerdin saat melepas karnaval di Plaza Selatan GBK

Luar Biasa Negeri Ini

Jakarta, BP

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) memberikan dukungan penuh kepada Provinsi Sumatera Selatan untuk melaksanakan Asian Games ke-18 Tahun 2018 bersama Provinsi DKI Jakarta. Bahkan, JK sempat menyampaikan bahwa semua event ingin diambil oleh Gubernur Sumsel karena dapat berdampak pada pembangunan di daerah.

“Pak Alex ini maunya setiap acara di Palembang saja supaya bisa membangun banyak. Kalau semua gubernur berpendirian seperti Pak Alex, luar biasa negeri ini, banyak yang bisa dibangun,” ujar JK dalam sambutannya pada acara sosialisasi, peluncuran logo dan maskot Asian Games 2018 di Plaza Selatan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Minggu (27/12) pagi.

Hadir juga dalam acara tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi beserta jajarannya, Ketua Satlak Prima Achmad Sutjipto beserta jajarannya, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Wakil Dewan Kehormatan OCA Wei Jizhong, dan Wakil Ketua Umum KOI Muddai Madang, Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda N Kiemas, Walikota Palembang Harnojoyo. Sementara pihak DKI Jakarta hanya diwakili Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata, Sylviana Murni.

Dikatakan JK, pembangunan sarana olaharaga memang harus bisa tetap dimanfaatkan seperti GBK yang dulu dibangun oleh Presiden Soekarno, hingga sekarang masih dapat dimanfaatkan. Kemudian Palembang yang telah membangun sarana olahraga, juga masih bisa terawat.

“Setelah lebih dari setengah abad, baru kita  kembali lagi jadi tuan rumah. Ada dua hal yang perlu diperhatikan untuk menyukseskan acara ini yaitu penyelenggaraan dan prestasi. Karena walaupun penyelenggaraan sukses tapi prestasi kita tidak memenuhi harapan tentu akan menimbulkan kekecewaan masyarakat,” jelasnya.

Ditambahkannya lagi, Asian Games 2018 merupakan momen yang sangat penting untuk dunia olahraga Indonesia. Ia terus menekankan agar penyelenggaran dan prestasi dapat menuai kesuksesan yang sama.

“Tanpa prestasi, negara ini hambar. Prestasi baik tapi penyelenggaraan buruk pun akan dapat kritik. Di luar negeri hanya ada dua cara agar merah putih dapat berkibar yaitu kalau presiden datang atau atlet menuai prestasi,” terangnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyampaikan, segala persiapan untuk Asian Games kini tengah dilakukan pemerintah, mulai dari perbaikan sarana dan prasarana olahraga hingga pembinaan atlet. Menpora Imam Nahrawi mengatakan bahwa, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan JK meminta renovasi total fasilitas olahraga agar acara itu siap diselenggarakan.

Imam berharap acara ini nanti dapat berlangsung sebaik mungkin baik dari sisi penyelenggaraan, prestasi, maupun  pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Pada 2016, sosialisasi Asian Games akan dilakukan ke seluruh penjuru tanah air,” katanya.

“Setelah acara ini saya minta wisma atlet segera di bangun dan mempercepat renovasi Gelora Bung Karno. Kepada Satlak Prima, kami mohon siapkan atlet-atlet terbaik kita. Siapkan diri kita menyongsong olimpiade 2016, kita ingin mengulang tradisi emas untuk negeri kita tercinta ini,”tukasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan bahwa Sumsel memang betul-betul serius dalam mempersiapkan Asian Games tahun 2018 mendatang. Bahkan, persiapan tersebut juga melibatkan semua pihak termasuk DPRD Provinsi maupun pemerintah kota Palembang.

“Hari ini kami juga hadir bersama dengan ketua DPRD Sumsel dan Walikota Palembang, ini menunjukkan kalau kami memang betul-betul serius dan bekerja bersama-sama dengan pihak terkait. Semua pihak mendukung dan ingin berpartisifasi dalam menyukseskan Asian Games 2018,” ujar Alex saat diwawancarai wartawan di sela-sela acara.

Selain itu tambahnya lagi, Sumsel juga sedang melaksanakan pembangunan besar-besaran untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Asian Games nanti Saat. ini, tengah dilakukan pembangunan Light Rail Transit (LRT) yang akan menghubungkan bandara SMB II ke kawasan olahraga Jakabaring Sport City (JSC).

“Kami sudah ada 18 venue berbagai macam olahraga dengan standar internasional. Venue tersebut pernah digunakan saat SEA Games dan Islamic Solidarty Games. Kita tidak terlalu ekspose pengerjaan sarana dan fasilitas kami, tapi diam-diam kami terus berkerja. Kami juga akan membangun jalan tol baru, dua jembatan musi yang baru, underpass dan pembangkit listrik. Enam bulan sebelum event Asian Games 2018, Palembang akan menjadi kota tercantik di Indonesia,” katanya.

Di sisi lain, bersamaan acara sosialisasi, peluncuran logo dan maskot Asian Games 2018 ini, Sumsel juga melakukan kegiatan promosi berupa pameran sejumlah foto-foto pembangunan di Palembang. Foto-foto tersebut dipajang pada sebuah both pameran sebagai daya tarik pengunjung yang hadir pada acara yang diusung oleh pihak KOI tersebut. Selain itu, juga dibagikan brosur-brosur mengenai kesiapan Sumsel tuan rumah Asian Games 2018.

Sementara malam harinya, acara dilanjutkan  dengan berbagai kegiatan dan aksi hiburan sejumlah artis ibukota yang disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta.#rel

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...