Ultimate magazine theme for WordPress.

TNI Gadungan Peras Pedagang

 

Inderalaya, BP

BP/HENNY PRIMASARI DIAMANKAN-Eko Budiyanto, saat diamankan di Koramil 402-07/Inderalaya, Kamis (24/12).  
BP/HENNY PRIMASARI
DIAMANKAN-Eko Budiyanto, saat diamankan di Koramil 402-07/Inderalaya, Kamis (24/12).

Gara-gara mengaku anggota TNI berpangkat Serka, Eko Budiyanto (45) yang sehari-hari bekerja sebagai tukang ojek diamankan anggota Unit Intel Dim 0402/OKI, Kamis (24/12) malam.

Warga Jalan Kadir TKR, RT5, Kelurahan, Karang Jaya, Kecamatan Gandus, Palembang ini diamankan petugas setelah beberapa kali meminta uang dengan Anang Feri Sunarto (25), pedagang di depan kantor Samsat Ogan Ilir, Kelurahan Timbangan, Kecamatan Inderalaya Utara.

Bermula pada November lalu, Eko yang mengaku dari Satuan Zipur II Prabumulih berkenalan dengan Anang dan agar korbannya percaya, Eko memberi kaos loreng. Lalu meminta uang sebesar Rp100.000 untuk membeli oli.

Tak berhenti di situ, akhir November dan awal Desember, Eko kembali datang dan meminta uang Rp50.000, dengan alasan hendak ke Palembang karena panggil komandannya.

Akhirnya kedok tentara gadungan ini, terbongkar setelah korban curiga, karena pelaku mengutarakan maksud meminjam motor, dengan alasan untuk menemui temannya di Desa Lorok. Sehingga Anang, meminta kakaknya, Tigor untuk menghubungi Sertu Rusli anggota Unit Intel Dim 0402/OKI.

Atas informasi tersebut Sertu Rusli bersama Serda Yulianto menemui Eko dan saat ditanya keanggotaannya Eko mengaku anggota TNI AD berpangkat Serka dari Satuan Zipur angkatan 3920.

Namun, Eko mulai kebingungan ketika ditanya Danki dan Danyon. Sehingga Sertu Rusli minta petunjuk Pasi Intel dan diperintahkan agar Eko dibawa ke Koramil 402-07/Inderalaya Dim 0402/OKI, untuk dilakukan pemeriksaan.

“Setelah kita periksa, ternyata bukan anggota TNI dan sesuai petunjuk Dandim 0402/OKI, pelaku diserahkan ke Polsek Inderalaya disertai berita acara penyerahan,” kata Pasi Intel Kodim 0402 OKI-Ogan Ilir, Kapten Hatta.

Saat diamankan, dirinya melanjutkan Eko mengenakan baju loreng dan diakui pemberian Praka Apriadi dan sepengetahuanya berdinas di Bekang.

“Pengakuannya sudah satu tahun ini mengaku anggota TNI. Setiap keluar rumah, Eko berpakaian preman dan sampai di SPBU baru berganti pakaian loreng,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Ogan Ilir AKBP Deny Y Putro membenarkan penangkapan anggota TNI gadungan yang berprofesi sebagai tukang ojek tersebut.

“Sudah kita terima dari anggota TNI dan saat ini tukang ojek yang mengaku tentara diamankan di Mapolsek Inderalaya,” ujarnya. #hen

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...