Ultimate magazine theme for WordPress.

Jumlah Guru Besar Unsri Bertambah

Palembang, BP

Satu lagi guru besar bertambah di Universitas Sriwijaya (Unsri). Kali ini dari Jurusan Teknik Mesin yakni Prof Dr Ir Nukman, MT, yang baru saja dikukuhkan di Pascasarjana Unsri Bukit Besar, Rabu (23/12). Ayah tiga anak ini meyelesaikan penelitiannya berjudul Daur Ulang Aluminium Bekas, yang dicairkan dengan bahan bakar padat dan cair sudah ia lakukan selama empat tahun.

“Penelitian ini juga melibatkan mahasiswa dan memang untuk pendidikan. Selain itu, saya ingin agar direspon pemerintah sehingga bisa bermanfaat bagi kehidupan masyarakat khususnya soal daur ulang aluminium,” ujarnya.
Pria kelahiran Palembang, 21 Maret 1959 ini menambahkan, tujuan dari penelitian ini sendiri sebenarnya untuk memanfaatkan limbah aluminium yang jumlahnya terus bertambah. Misalnya saja kaleng minuman ringan dan velg sepeda motor dari masa ke masa semakin meningkat.

“Akibat dari peningkatan penggunaan aluminium tersebut maka meningkat pula jumlah kaleng minuman ringan dan velg sepeda motor bekas yang tidak terpakai lagi. Sehingga muncul masalah baru yaitu penumpukan sampah aluminium bekas,” ujarnya.
Atas dasar itulah, suami dari Rahmawaty, SH, ini mencoba melakukan penelitian untuk mendaur ulang limbah aluminium sehingga bisa dimanfaatkan kembali. Upaya ini juga termasuk mendaur ulang sampah seperti alat masak, elemen setrika dan kabel listrik.

“Ini sekaligus upaya penghematan energi yang mencapai 95 persen. Bila dibandingkan dengan aluminium primer,” jelasnya.
Sementara itu, Rektor Unsri Prof Ir Anis Saggaf, MSCE, mengatakan, saat ini jumlah guru besar di Unsri yakni 116 orang di segala bidang, seementara yang aktif ada 70 orang.

“Kita berharap, semoga para guru besar ini bisa memberikan sumbagsihnya baik itu dalam dunia pendidikan maupun masyarakat,” ungkapnya.
Oadk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...