Ultimate magazine theme for WordPress.

Tarik Investor, Pergelaran Seni Pukau 17 Dubes

Picture 6026Muaenim, BP
Pergelaran  Seni dan Budaya Bumi Serasan Sekundang yang dilaksanakan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Muaraenim di gedung Sasono Taman Mini Indonesia (TMII) Jakarta, Minggu (20/12) sekitar pukul 20.30 WIB berlangsung cukup sukses dan meriah. Terbukti sebanyak 17 Duta Besar (Dubes) negara negara sahabat yang menghadiri acara itu, terpukau terhadap berbagai kreasi kesenian daerah yang ditampilkan para penari Muaraenim.
                  Ke 17 Dubes negera negara sabahat yang menghadiri acara itu diantaranya Arab Saudi, Rusia, Jerman, Yaman, China, Swis, Ajastan dan Penezuela. Acara itu dihadiri langsung  Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki, Bupati Muaraenim, Ir H Muzakir Sai Sohar, Wakil Bupati H Nurul Aman SH. Kemudian hadir juga unsur Muspida Muaraenim diantaranya Ketua DPRD, Aries HB SE, Kajari Adhyaksi D SH, Dandim 0404, Letkol Inf Jamaludin mantan Wakapolda Sumsel, Brigjen Purnawirawan Zulkarnain, Dirut PT BA, Milawarma serta para kepala dinas, kepala badan, kepala kantor ser camat se Kabupaten Muaraenim.
                  Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Febriansyah Nangali, mengatakan pegelaran seni  sengaja dilaksanakan di Jakarta bertujuan untuk menghadirkan para duta besar tersebut. “Tujuan kita selain mengenalkan kesenian daerah Muaraenim, kita juga mempromosikan berbagai potensi sumber daya alam dan kekayaan Muaraenim kepada para duta besar tersebut,” jelas Febriansyah.
                Dengan harapan, lanjutnya, para duta besar tersebut bersedia mengajak para pengusaha dari negaranya untuk berinvestasi di Muaraenim. Selain itu sebagai ajang silaturhami masyarakat Muaraenim yang berada di perantauan maupun para pengusaha lainnya.
                Bupati Muaraenim H Muzakir Sai Sohar di hadapan para duta besar tersebut mengatakan,  kesenian dijadikan sebagai unsur budaya dapat memberikan sumbangan terhadap kehidupan bangsa secara rohani dan jasmani. Dalam kedupan masyarakat sekarang, banyak seni dan budaya telah mengalami kepunahan maupun pendangkalan kandungan nilainya. Itu disebabkan berbagai macam kondisi baik yang bersifat alamiah maupun kesalahan dari tindakan pera pengelolanya.
               Menurut bupati, posisi Muaraenim yang strategis mempunyai potensi wisata alam maupun budaya. Diantaranya objek wisata air terjun Curup Tenang dan Arung Jeram di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung mempunyai ketinggian 99 m. Kawasan wisata ini telah dikelola dengan baik  dilengkapi sarana prasarana penunjang seperti kolam pemancingan, villa, mess, gazebo, mushollah, perahu karet dan dermaha arung.
            Selain potensi wisata, juga memiliki potensi sumber daya alam yang cukup. Baik sumber daya alam terbarukan berupa hasil bumi maupun sumber daya alam berupa hasil tambang dan energi. Potensi cadangan batubara di Muaraenim mencapai 6,25 miliyar ton, minyak bumi sebesar 265,6 juta metrik stokck tank barrel, gas bumi mencapai 12,5 miliyar standar cubic feet, coal bed methane mencapai 34,06 triliun cubic feet dan panas bumi sebesar 1.060 mega watt elektric.
            Disamping itu, lanjutnya, potensi sumberdaya air yang ada mencapai 2.126,41 kilowatt. Selain dalam sektor pertambangan dan mineral, Muaraenim memiliki potensi yang cukup besar dalam sektor pertanian. Luas perkebunan karet mencapai 224.487 hektar, perkebunan kelapa sawit  mencapai 94,781 hektar, luas tanaman kopi mencapai 23.501 hektar dan luasan padi sawah mencapai 45.838 hektar.#nur
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...