Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

Berhasil Tingkatkan Kedaulatan Pangan, Alex Terima APN

Sumsel2Jakarta, BP

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Senin (21/12), menyerahkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tahun 2015 di Istana Negara, Jakarta.

Penghargaan APN yang telah dilaksanakan sejak tahun 2011 diberikan kepada individu, kelompok tani, masyarakat umum, dan pemerintah daerah yang dinilai berhasil meningkatkan kedaulatan pangan.

Dalam kesempatan ini hanya Provinsi Sumatera Selatan bersama Provinsi Jawa Tengah yang memperoleh penghargaan untuk kategori Pembina Ketahanan Pangan dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia kepada Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Kedaulatan pangan merupakan hak negara dan bangsa yang secara mandiri menentukan kebijakan pangan yang menjamin hak atas pangan bagi rakyat dan yang memberikan hak bagi masyarakat untuk menentukan sistem pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal.

Baca:  Panitia Serahkan Hadiah H-1 Lebaran, Untuk Juara Lomba Foto “Gebyar Ramadhan 2021”

Sebelumnya, penghargaan tersebut diserahkan pemerintah berbentuk lomba intensifikasi pertanian sejak tahun 1979. Pemberian penghargaan bertujuan untuk mengapresiasi dan memotivasi kelompok tani/nelayan meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian, pendapatan petani dan nelayan dalam berusaha tani tanaman pangan, peternakan, perikanan, dan perkebunan. Usai menerima penghargaan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, penghargaan ini akan dijadikan motivasi bagi para petani di Sumsel agar produksi pertanian di daerahnya lebih dapat ditingkatkan.

Baca:  Kader Golkar Se-Sumsel Kawal Proses Hukum Pencemaran Nama Baik Mantan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin

Seperti diketahui Sumsel saat ini merupakan salah satu daerah penyangga pangan nasional.#idx

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...