Wujudkan Ketahanan Pangan, Terima Adikarya Pangan

17

2013050751Palembang, BP
Gubernur Sumsel H Alex Noerdin akan menerima penghargaan Adikarya Pangan Nusantara karena telah berhasil mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan di Sumsel.

“Penghargaan ini akan diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Bentuk penghargaan ini diberikan karena Pak Gubernur telah berhasil mewujudkan ketahanan pangan di Sumsel,” ucap Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumsel Taufik Gunawan yang diwawancarai wartawan, Sabtu (12/12).

Menurutnya, penghargaan dari Presiden Jokowi selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan kepada Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin dapat dijadikan inspirasi bagi seluruh masyarakat.

Baca:  Raih Emas Asian Games, Alex Ganjar Rumah

“Ini bisa dijadikan inspirasi bagi masyarakat, aparatur pemerintah, perseorangan, kelompok, lembaga, serta masyarakat yang telah menghasilkan karya yang luar biasa dalam mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan, tutur Taufik.

Ditambahkannya, selain Gubernur Sumsel, penghargaan adikarya pangan nusantara juga diberikan kepada Bupati Banyuasin Yan Anton. “Untuk di Sumsel, pembina yang dapat penghargaan Gubernur dan Bupati Banyuasin,” katanya.

Baca:  Alex Ajak Ribuan Jamaah Pertahankan Zero Konflik di Sumsel

Selain itu, sambungnya, ada juga penghargaan yang diterima oleh kelompok tani  dengan kategori Kelompok Talenta Sejahtera dan Kelompok Lumbung Pangan. “Yang mendapat penghargaan itu, Desa Muara Burnai Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI dan Desa Sumberejo Kecamatan Megang Sakti Musi Rawas,” ungkapnya.

Ia mengaku, semula penghargaan yang akan diberikan langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara terjadwal tanggal 4 Desember lalu. Namun, karena kesibukan Presiden, jadwal tersebut ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Baca:  Kado Untuk Alex Noerdin

“Kami sudah menerima Surat Keputusan (SK) Menteri tentang penghargaan untuk Gubernur. Kita tinggal menunggu kapan pelaksanaannya,” katanya lagi.

Ditanya produksi padi di Sumsel, dikatakan Taufik, tahun 2015 produksi meningkat hingga 4,2 juta ton. Peningkatan terjadi sekitar 16 persen dari tahun lalu. “Meningkat 500 ribu ton dibandingkan tahun sebelumnya,” tandasnya. #dil