Ultimate magazine theme for WordPress.

Golkar Sementara Unggul

   gub di OIPalembang, BP

Partai Golongan Karya Sumatera Selatan untuk sementara unggul di lima dari tujuh kabupaten yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

Berdasarkan data pembanding di luar KPU, hingga hitungan nyata pukul 16.00 kemarin, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ogan Ilir Ahmad Wazir Nofiadi Mawardi-HM. Ilyas Panji Alam  (Golkar, PPP, PDIP, Hanura, PKS) meraih 87.852 suara.

Perolehan suara itu unggul dari pasangan H Helmi Yahya-H Muchendi Mahzareki (Nasdem, PAN, PBB, PKB, Gerindra) sebanyak 80.167 suara. Sedangkan pasangan independen Ir H Sobli Rozali-Prof Dr H Taupik Toha DEA hanya meraih 12.718 suara.

Di Kabupaten PALI, paslon Heri Amalindo – Ferdian Andreas Lakoni (Partai PDIP, NasDem, Golkar, PPP, PBB, Hanura, PKPI) meraih 16.824 suara.

Dua pasangan independen H Eftiyani dan Muktar Jayadi 8.253 suara, dan Sukarman, SH-Edi Harianto (independen) hanya 723 suara.

Kabupaten Mura, paslon H Hendra Gunawan dan Hj Suwarti (NasDem, PKB, Golkar, Gerindra, PKS) meraih 18.820 suara, Ratna Mahmud dan Ngadi (Partai Demokrat, Hanura, PBB, PAN dan PKP), 18.297 suara, Zulkarnain dan Soni Rahmat Widodo, (PPP dan PDIP) 4.561 suara

Untuk OKU paslon Kuryana Aziz-Johan Anuar (Demokrat, Golkar, PDIP, Nasdem, PKB, Gerindra), meraih 19.005 suara, dan Percha Leanpuri-Nasir Agun (PKS, PBB, PKPI, Hanura) 12.533 suara.

Kabupaten OKUS . Popo Ali M Bcom-Sholihein Abuasir, SP (Golkar, Nasdem, Gerindra, PKB, Demokrat, Hanura, dan PKPI) meraih 1.373 suara, dan HA Wahab Nawawi, SSos, MM-dr Hj Herawati Gatot (PDIP, PBB, PAN, PKS dan PPP) 1.341 suara.

Untuk OKUT pasangan Kholid Mawardi- Ferry Antoni (PDIP, Nasdem, Demokrat, PKB) unggul dengan meraih 6.733 suara, Edward Jaya- Sugeng Supriyanto (Golkar dan PPP) 2.534 suara, dan Juanda – Eni Melani  (Gerindra, Hanura dan PAN) meraih 602 suara

Di Kabupaten Muratara paslon Drs H M Syarif Hidayat, MM & H Devi Suhartoni (PDI, PBB, dan Hanura) unggul 11.153 suara, Drs H Akisrofi Ayub, SH, MSi & Andi Wijaya, SE (Golkar, NasDem, PKS, PKB) meraup 10.741 suara, dan paslon Drs HM Isa Sigit, SIP, MM & Siti Nurizka Puteri Jaya, SH, MH (PAN, Gerindra, Demokrat, dan PKPI) 4.874 suara.

Pantauan lapangan di Kabupaten Muratara, pasangan nomor urut 3 Drs H Syarif Hidayat, MM-Ir H Devi Suhartoni unggul di lima kecamatan.

Masing-masing di kecamatan Karang Dapo, Karang Jaya, Nibung, Rawas Ulu dan Ulu Rawas. Sedangkan untuk Kecamatan Rupit dimenangkan pasangan nomor urut 2, Khairul Alamsyah-Siti Nurizka Putra Jaya. Kemudian Kecamatan Rawas ilir dimenangkan Drs H Akisropi Ayub-Andi Wijaya.
Rincinya Kecamatan Karang Jaya, Nomor Urut I, Drs H Akisropi Ayub-Andi Wijaya, SE, 6.934 suara, nomor urut 2, 2.540 suara, sedangkan nomor urut 3, 8.673 suara. Karang Dapo, No I. 3.837 suara, 2. 1.156 suara, dan no 3. 4.402 suara.

Baca:  Kader Golkar Prabumulih Bagikan Takjil Ke Masyarakat

Selanjutnya, Kecamatan Nibung, No 1. 2.536 suara, No.2. 3.920 suara serta no 3. 4.356 suara. Kecamatan Rawas Ulu, No 1. 4.869 suara, No 2 3.246 suara dan No 3. 8.640 suara.

Kecamatan Rupit, No 1 6.303 suara, No 2 9.902 suara dan No 3. 7.709 suara. Kemudian Ulu Rawas, No 1 2.053 suara, No2 2007 suara, dan No. 3. 2549 suara. Kemudian Kecamatan Rawas Ilir, No 1 5.936 suara, No 2 2.110 suara, dan No 3 4.994 suara.
Sementara berdasarkan hasil perolehan desk pilkada, C1 real count  no urut 1 31.546 suara, no. 2. 25.248 suara, dan no 3. 39.890 suara.

Di Kabupaten PALI, perolehan suara paslon nomor urut satu, Heri Amalindo-Ferdian Andreas Lacony (HAFAL) untuk sementara unggul telak dari kedua kandidat pesainganya.
Dari data real count yang diadakan Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), pukul 18.05, paslon nomor satu unggul, dengan perolehan suara 75,02%, paslon Sukarman-Almarizan mendapat perolehan 2,19 %, dan paslon Eftiyani-Muchtar Jayadi mendapat perolehan 22,58 %.
Dikatakan Julius Alev Yadhi, Wakabid Organisasi DPD PDI Perjuangan ini merupakan hasil real count yang dilakukan oleh saksi partai yang berlambang banteng tersebut di setiap TPS.
“Kami menerjunkan di setiap TPS satu orang saksi di 311 TPS yang ada, di mana tugasnya langsung mengirim hasil perolehan suara melalui pesan singkat (SMS), dan juga mengumpulkan C1 KWK dan C1 KWK Spesimen,” ujarnya.
Total perolehan suara dari hasil real count BSPN PDI Perjuangan Kabupaten PALI, HAFAL sebanyak 66.066 suara, paslon SUKA 1.930 suara, dan paslon YAMU 19.888 suara. Dengan angka partisipasi 85700, atau 74% dari jumlah DPT.
Kemenangan HAFAL yang mencolok diraih didi Kecamatan Abab yang mencapai 89,7%.
Saling Klaim Menang
       Sementara itu, pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Musirawas saling klaim unggul dalam pemilihan kepala daerah. Klaim tersebut berdasar hasil hitungan real count masing-masing pasangan calon.
Pasangan Calon Bupati H Hendra Gunawan dan H Suwarti secara resmi mengumumkan hasil hitungan real count dari tim mereka. Pasangan yang diusung Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PKB, Gerindra, dan PKS ini unggul dengan perolehan suara 45,2 persen, disusul Hj Ratna Mahmud Amin, dan HM Zabur Nawawi nomor urut satu dengan 42.6 persen dan H Zulkarnain dan Hj Ratnawati dengan perolehan 12.2 persen.
Alhamdulillah hasil real count kita dan dibandingkan dengan beberapa real count lainnya, kami unggul dari pasangan lainnya. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Musi Rawas atas kepercayaan dan amanahnya. Saya sangat terharu karena mereka masih memiliki hati nurani. Ini menambah semangat kami untuk membangun daerah,” ujar Cabup H Hendra Gunawan.
Menurut mantan Wabup Mura ini, mereka tidak akan bersu’udzon dengan pasangan lain (dicurangi). Namun mereka akan terus berjuang mempertahankan amanah yang sudah diberikan masyarakat Lan Serasan Sekentenan.

Klaim senada disampaikan paslon nomor urut Hj Ratna Mahmud Amin dan HM Zabur Nawawi. Di mana pasangan ini mengklaim meraih perolehan suara 46.40 persen, disusul paslon nomor urut dua dengan 41.58 persen dan nomor urut tiga 10.99 persen.
“Sesuai hitungan real count via SMS dari saksi yang kita tempatkan di lapangan, alhamdulillah kami menang. Sedangkan lembar C 1 terus kami kumpulkan sebagai buktinya. Kami mengimbau kepada seluruh tim pemenangan dan masyarakat tidak bergembira berlebihan atas kemenangan kita ini,” ujar Hj Ratna Mahmud Amin didampingi H Zabur.
Sementara itu, Calon Bupati H Zulkarnain mengaku pihaknya masih terus melakukan penghitungan perolehan suara.

Baca:  Kader Golkar Prabumulih Bagikan Takjil Ke Masyarakat

“Kalau perkiraan dan klaim orang mereka menang silahkan saja, itu pendapat dia. Tapi kita tetap tunggu hasil dari lembaga sah,” ujarnya.
Di Kabupaten Ogan Ilir, berdasarkan hasil perhitungan cepat pasangan Calon Bupati OI AW Noviadi-Ilyas Panji Alam menang dari dua paslon lainnya yakni Helmy Yahya-Muchendi Mahazareki dan Sobli Rozali-Taufik Toha. Ia menang 18 ribu suara

Berdasarkan data yang dihimpun, Lembaga Survey Chartika Politika, dari 93 persen Pasangan Nomor Urut 1, Helmy Yahya-Muchendi Mahazareki meraih 41,6 Persen, Paslon AW Noviadi Mawardi–Ilyas Panji Alam meraih 49,4 persen, dan paslon Sobli Rozali-Taufik Toha meraih tiga persen.

Sedangkan survei yang dilakukan tim paslon Aw Noviadi Mawardi-Ilyas Panji Alam, Paslon Helmy-Muchendi meraih 43 persen atau 91.539 suara, paslon AW Noviadi Mawardi-Ilyas Panji Alam meraih 50 persen atau 106.390 suara, dan paslon Sobli Rozali-Taupik Toha meraih tujuh persen suara atau 14.736 suara.

Dari kedua survei tersebut selisih suara kemenangan yang diraih Ofi-Ilyas sebanyak 18 ribu suara atau tujuh persen

Baca:  Kader Golkar Prabumulih Bagikan Takjil Ke Masyarakat

Paslon Ofi_Ilyas menang di hampir setiap kecamatan. Hanya empat kecamatan yang dimenangkan paslon 1 yaitu Kecamatan Kandis, Tanjungbatu, Payaraman, dan Muarakuang.

Paslon AW Noviadi Mawardi-Ilyas Panji Alam menyambut sukacita atas peraihan suara terbanyak dalam pilkada OI. Cabup AW Noviadi Mawardi mengatakan melihat hasil perhitungan cepat yang ditayangkan di salah stasiun televisi swasta, dirinya unggul dari dua paslon lainnya. Begitupun juga dengan perhitungan yang dilakukan pihaknya unggul.

“Jadi insya Allah kita sudah dapat mengklaim kemenangan ini, berdasarkan perhitungan cepat dan perhitungan kita sendiri kita unggul dari dua paslon lainnya, alhamdulillah ini semua kemenangan rakyat, setelah ini tidak ada lagi hal yang terkotak_kotak kita semua akan membangun OI bersama,” kata Cabup OI AW Noviadi yang terpilih dengan mata berkaca-kaca karena haru saat dijumpai di posko.

Orangtua Ofi sekaligus Ketua Pemekaran OI H Mawardi Yahya mengaku bersyukur atas rahmat Allah SWT karena ridhonya akhirnya Ofi-Ilyas terpilih.

Di tempat terpisah, paslon Helmy Yahya-Muchendi Mahazareki saat menggelar konferensi pers mengatakan, dirinya bersama wakil telah berusaha sekuat tenaga mengeluarkan segala upaya dengan cara-cara yang elegan, kemudian mencoba mengikuti pilkada seperti seharusnya bertarung dalam pilkada dengan  fokus satu keinginan bahwa pilkada di OI berlangsung bersih, jujur, adil agar menghasilkan pemimpin yang dikehendaki masyarakat.

“Tapi seperti yang kami katakan di setiap kampanye kami bahwa yang menentukan dan memberikan mandat kepada pasangan calon yang akan memimpin OI adalah rakyat, kepada rakyat lah kami menyerahkan nasib. selamat kepada Ofi_Ilyas karena terpilih,” kata Helmi, kemarin.

Di tempat terpisah, pasangan calon Sobli Rozali-Taupik Toha mengatakan berterima kasih kepada seluruh warga Ogan Ilir telah menggunakan hak suaranya dalam pilkada Kabupaten OI.

Dirinya sebagai umat manusia telah berusaha, berdoa dan tawakal kepada Allah SWT. Sobli mencoblos di TPS 2 Persada dan hanya menang di TPS-nya sendiri yaitu 94 suara susul paslon 2 yaitu 87 suara dan paslon 1 yaitu 75 suara.

“Hasil ini adalah pilihan rakyat, kita terima hasilnya karena inilah pilihan rakyat,” kata H Sobli

Ia juga mengimbau kepada seluruh pendukungnya untuk menjunjung etika politik santun, dan jangan bertindak anarkis.

“Saya mengimbau kepada seluruh pendukung saya, jangan membuat persoalan baru setelah pelaksanaan pencoblosan hari ini,” katanya. Okur/hab/osk/hen/wan/her

 

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...