Ultimate magazine theme for WordPress.

Gubernur Tinjau Pelaksanaan Pilkada di Sumsel

12366343_156585811365838_207546664292864619_nPalembang, BP
Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin melakukan kunjungan marathon ke semua daerah pelaksana pemilihan umum kepala daerah di Sumsel. Dimulai dari Kabupaten Ogan Ilir (OI), dengan ditemani Penjabat Bupati Yulizar Dinoto, Gubernur meninjau langsung pelaksanaan pilkada di daerah ini.
Setelah melihat kondisi aman dan terkendali, Alex melanjutkan perjalanannya ke Kabupaten OKU bersama Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda Kiemas dan Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI  Purwadi Mukson menggunakan helikopter URC EC 130 BA.
Dalam kunjungannya ini Alex dan Giri disambut Penjabat Bupati OKU H Maulan Aklil, serta Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Syaiful Zachri yang sudah berada di Kabupaten OKU sejak dua hari lalu.
Selain melihat situasi di OKU, Gubernur juga mendengarkan laporan mengenai kondisi di Kabupaten OKU Timur dan OKU Selatan untuk selanjutnya terbang lagi ke Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).
Di kabupaten ini kedua pejabat tinggi Sumsel itu disambut langsung Penjabat Bupati PALI Apriyadi, Kapolres Muaraenim AKBP Nuryanto, Kajari Muaraenim Adhy Darma, Dandim 0404 Muaraenim Letkol inf Jamaludin, dan Heri Amalindo serta Ferdian Andreas Lacony, paslon nomor urut satu.
Setelah di PALI, H Alex Noerdin bersama Giri Ramanda menuju Kabupaten Musirawas Utara yang dianggap sebagai daerah rawan konflik.
Alex mengatakan, kunjungannya ke empat wilayah ini dalam rangka memantau langsung proses pesta demokrasi yang digelar serentak di seluruh Indonesia, dan di Provinsi Sumsel ada tujuh wilayah yang menggelar termasuk Kabupaten PALI.
“Saya hari ini kunjungi empat kabupaten termasuk PALI yang menggelar pilkada serentak,” katanya. Ia ingin memantau langsung dan melihat proses pilkada serentak hari ini. Hingga sore kondisinya cukup baik.
“Saya ingin pastikan semua wilayah yang gelar pilkada sudah siap laksanakan hari ini,” kata mantan Bupati Muba ini sembari menilai keamanan di PALI masih kondusif.
“PALI saya nilai kondusif dan saya berharap ini tetap terjaga sampai pilkada usai,” katanya.
Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Purwadi Mukson turut memantau pilkada serentak bersama Gubernur Sumsel H Alex Noerdin. “Pangdam mengikuti Gubernur sekarang. Beliau mobile,” kata Kasdam II/Swj Brigjen TNI Komarudin Simanjuntak ketika bertindak sebagai Inspektur Upacara pemberangkatan Kontingen Yoong modo Kodam II /Swj dalam rangka Kejurnas YMD Piala Kasad di Lapangan Makodam II/Swj, siang tadi.
Pangdam mendampingi Gubernur menumpang helikopter sejak pagi pukul 08.00 ke Kabupaten Ogan Ilir. Dilanjutkan ke Kabupaten OKU, PALI, Mura, dan Muratara. Dijadwalkan kembali ke Palembang pukul 17.00.
“Untuk Pilkada ini saya tidak melihat (indikasi ketidaknetralan). Saya menerima laporan dari pagi tadi dari para Dandim semua masih kondusif berjalan sesuai dengan mekanisme. Walaupun kemarin kita dengar misalnya kotak suara ada yang lebih, ada yang rusak. Tetapi mekanisme sudah ditempuh panitia Pilkada ini,” kata Kasdam.
Pada Pemilukada serentak tanggal 9 Desember 2015, seluruh prajurit Kodam II/Swj diperintahkan untuk terus siap siaga dalam mengamankan proses Pemilukada dan tetap menjunjung tinggi sikap netralitas TNI dimanapun bertugas dan berada.
Terkait Pemilukada serentak ini, Kasdam juga menekankan kepada seluruh Komandan Satuan di jajaran Kodam II/Swj untuk menyiapkan pasukannya dalam rangka mengantisipasi Bangsit yang mungkin berkembang di wilayah Sumbagsel, terutama wilayah yang akan menggelar Pemilukada serentak.
Perlu diketahui bahwa dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pemilukada serentak di wilayah Kodam II/Swj (Sumbagsel), yang meliputi 34 Pemilukada, yakni 2 Pilgub, 3 Pilwakot dan 29 Pilbupati, Kodam II/Swj telah menyiapkan 1.694 personel. Setiap Kodim yang ada Polres di BKO-kan 1 Ton TNI (31 orang).
Sedangkan dalam pelibatannya, Kodam II/Swj mengacu pada MoU (Nota kesepahaman) antara Polri dengan TNI tentang Perbantuan TNI kepada Polri dalam rangka memelihara Kamtibmas.
Sementara kepada seluruh PNS di satuan jajaran Kodam II/Swj yang mempunyai hak pilih ditekankan untuk mempergunakan hak pilihnya di wilayah tempat tinggalnya sesuai hati nurani.
“Penekanannya pada anggota kami selalu on call pada suatu tempat kemudian memonitor Rengiat yang disampaikan kepolisian. Jadi standby sambil memonitor perkembangan masing-masing wilayah, saya suruh menonton di tempat cadangan itu,” jelas mantan Waaster Kasad.#osk

Baca:  Pasangan HERO Menang di Tiga TPS di PSU PALI
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...