Ultimate magazine theme for WordPress.

UNY Cari Mahasiswa Berbakat

Palembang, BP

downloadUntuk tahun depan Universitas Negeri Yogjakarta (UNY), memberikan kesempatan bagi calon lulusan yang ada di Sumatera Selatan (Sumsel) yang berkeinginan melanjutkan pendidikannya lebih tinggi. Selain penjaringan calon mahasiswa didasarkan akan kemampuan prestasi akademik, juga mencari bibit mahasiswa didasarkan prestasi bidang non akademik seperti di bidang olahraga dan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

Menurut Dosen Fakultas Teknik Mesin UNY Khotiubul Umam mengatakan, mereka sengaja mendatangi MAN 3 Palembang, guna memberikan sosialisasi tentang penerimaan mahasiswa baru tahun depan. Selain bidang akademik, mereka juga mencari calon mahasiswa yang berbakat di bidang olahraga dan MTQ. Sebab, kebanyakan siswa berprestasi non akademik dinilai kurang dihargai atau jarang dimanfaatkan.

“Untuk sekarang kami khususkan pada sekolah agama, seperti MAN 3. Selain itu, kami akan mendatangi sekolah lainnya MAN 2 dan MAN 1 guna mencari bibit mahasiwa yang cocok dan layak masuk UNY,” kata Khotiubul Umam, d isela-sela sosialisasi di MAN 3 Palembang, Selasa (8/12).

Alasan utama pihaknya lebih cenderung mencari bibit mahasiswa yang berprestasi bidang non akademik, karena dinilai bakat kemampuan yang dimiliki mempunyai nilai, terutama yang sudah mengikuti beragam perlombaan.

“Prestasi bidang olahraga ataupun pernah juara MTQ, tentunya menjadi poin yang berbeda sebab ini dapat terus digali ke depannya,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, bagi siswa yang ingin masuk di UNY, cukup dengan melampirkan sebuah sertifikat penghargaan dari bakatnya. Sebab, penilaian akan bakat dan penghargaan ini menjadi prioritas untuk bisa masuk UNY.

“Khusus bagi siswa kurang mampu, namun memiliki potensi dan berbakat di bidang non akademik tadi, maka kita menyiapkan beasiswa. Semua biaya akan ditanggung oleh UNY,” bebernya.

Untuk kegiatan sosialisasi ini, sudah mulai dari beberapa daerah baik dari Jawa, Sumatera dan Nusa Tenggara. Diakuinya, sekarang memamng belum mampu mendatangi seluruh sekolah yang terdapat di seluruh provinsi se-Indonesia.

“Keterbatasan kami untuk menggelar sosialisasi, karena kami tahu sekolah di Indonesia sangat luas dan banyak, makanya perwakilan dari UNY berbagi tugas mensosialisasikan di daerah sekitar Indonesia,” imbuhnya.

Oadk

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...