Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

Stasiun Pengukur Cuaca Dibangun

OLYMPUS DIGITAL CAMERAPalembang, BP

Pemerintah Australia akan membangun stasiun pengukur cuaca senilai kurang lebih Rp300 juta. Alat yang dapat mengukur kecepatan angin, arah angin, serta curah hujan ini akan diserahkan pengelolaannya ke Pemerintah Kota Palembang.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PUCK) Palembang Syaiful mengatakan, lokasi pembangunan alat ini terletak di kawasan Sei Selayur dekat pembangunan Pengolahan Air Limbah (IPAL) Perkotaan.

 

“Stasiun ini hanya berupa tiang dengan tinggi sekitar 10 meter. Meski berbentuk layaknya tiang listrik, fungsi dan kecanggihannya jauh melebihi stasiun pengukur udara yang dikelola Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika,” katanya, Senin (7/12).

 

Dijelaskan, di dalam tiang tersebut terdapat alat berbentuk kotak kecil yang berfungsi membaca kondisi cuaca di Palembang. Nantinya data yang tersebut terkoneksi ke sistem komputerisasi. Bahkan, Pemerintah Australia dapat mengetahui kondisi cuaca di Palembang melalui koneksi tersebut.

 

Menurutnya, stasiun ini tidak menggunakan tenaga listrik untuk beroperasi. Hanya dibutuhkan solar cell atau energi cahaya matahari yang disimpan di dalam baterai dengan usia pakai sekitar satu tahun.

 

“Beberapa waktu lalu kita sudah pernah ajak orang BMKG untuk melihat alatnya. Mereka bilang ini jauh lebih canggih dibanding yang mereka miliki. Sehingga pengelolaannya juga harus dilakukan sebaik-baiknya,” terangnya.

 

Berdasarkan hasil rapat yang digelar Pemko Palembang dengan PUCK, stasiun pengukur cuaca tersebut akan dikelola oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Palembang. Hanya saja, prosedurnya harus diserahkan ke Pemko Palembang dulu untuk didata dan dimasukkan dalam aset Pemko.

 

“Nanti akan diserahkan ke SKPD terkait dalam hal ini BLH. Pemko Palembang pun nantinya akan melatih sejumlah petugas untuk menjadi operator dalam pengelolaan stasiun tersebut,” katanya.

 

Nanti juga ada operator yang membaca data dari stasiun tersebut. Harus ada orang khusus dan kita akan latih segera, biar operasional lebih maksimal. #ren

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...