Ultimate magazine theme for WordPress.

Pemprov Tertibkan Tambang Pasir Liar

minyakcuri1Palembang, BP
Semakin maraknya aktivitas penambangan pasir, terutama di pesisir Sungai Musi semakin membuat gerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Pasalnya sampai saat ini pemprov belum mengeluarkan satu pun izin produksi untuk penambangan pasir di wilayah Sumsel.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Provinsi Sumsel Robert Heri mengungkapkan, tanpa adanya izin tersebut maka aktifitas penambangan dan produksi seluruh perusahaan adalah ilegal. “Kami menduga banyak sekali penambang pasir ilegal karena kami akui saat ini belum ada satu pun izin produksi untuk penambangan pasir yang dikeluarkan,”kata Robert.

Menurutnya, hingga saat ini pihaknya baru mengeluarkan lima izin eksplorasi penambangan pasir, bukan produksi. Adapun izin eksplorasi yang dikeluarkan Distamben tersebut menyebar di beberapa daerah yakni satu di sekitar perairan Sungai Musi Palembang, satu di Banyuasin, dan tiga di Ogan Ilir.

“Kalau izinnya berupa eksplorasi, maka penambang hanya diizinkan untuk mengikuti tahapan persiapan, alat, tenaga ahli, hingga persiapan dermaga. Izin tersebut jelas bukan untuk produksi sehingga banyak sekali penambang pasir jadi tergolong ilegal,” ungkapnya.

Bedasarkan pengamatan pihaknya, di berbagai daerah Sumsel cukup banyak terjadi penambang pasir ilegal secara besar-besaran. Hal itu dibuktikan dengan cukup bebasnya truk pengangkut pasir ataupun kapal-kapal berkeliaran berada di sepanjang Sungai Musi membawa pasir.

Karena itu, Robert menegaskan Pemprov Sumsel akan turun langsung ke lapangan untuk melakukan penertiban penambang yang tak mengantongi izin. Bahkan menurutnya, saat ini beberapa pelaku penambang pasir ilegal sudah banyak ditangkap.  “Bagi pihak yang melakukan operasi penambangan ilegal pastinya akan masuk ranahnya pidana,” tegasnya.

Selain melalui penegakan hukum, dalam upaya menertibkan penambang pasir ilegal pihaknya juga mengimbau kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota agar melaporkan setiap izin penambangan yang akan dikeluarkan di daerahnya.

Karena saat ini, seluruh jenis penerbitan izin pertambangan termasuk pasir dari kabupaten/kota dilakukan oleh provinsi yang diketahui oleh pemerintah pusat. Tak hanya itu, Distamben Sumsel juga akan meningkatkan sosialisasi baik kepada
perorangan atau perusahaan yang ada di Sumsel supaya menyadari bahwa pasir adalah salah satu sumber daya alam.

“Setiap hasil sumber daya alam, termasuk pasir, pemanfaatan yang menimbulkan efek ekonomis, perlu mendapat izin dari pemerintah setempat sebelum beraktifitas,” tandasnya. #idz

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...