Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

Jalan Nasional Berpasir, Banyak Motor Tergelincir

IMG-20151206-01956Palembang, BP
 
Sejumlah kendaraan sepeda motor tergelincir saat melintasi tepian jalan Kolonel Burlian depan Rumah Sakit Mata. Kejadian ini dikatakan pengendara karena pasir yang menutupi aspal curah tidak diberi tanda, sehingga membuat pengendara mudah tergelincir.
 
Sutarman (30) salah satu tukang ojek di sekitar jalan menjelaskan kondisi jalanan kotor dan dipenuhi pasir diduga karena ulah pekerjaan kontraktor yang memperbaiki jalan yang berlubang.
 
“Aspal ini baru, tambalan jalan yang berlubang tidak diberi tanda, sehingga kami tidak melihat kalau ada pasir. Seharusnya cepat dibersihkan, sehingga jalan tidak berpasir seperti ini,” katanya. 
 
Ruliansyah (32) pengendara lainnya mengatakan, proyek pengerjaan ini sangat membahayakan pengendara, bahkan banyak pengendara yang terpental ke saluran air. Pengendara bahkan mengalami luka-luka. 
 
“Hampir rata-rata, pengendara yang jatuh adalah pengendara motor yang dikendarai perempuan. Salah satunya seorang ibu-ibu dan anaknya mengalami luka di kepala dan harus dibawa kerumah sakit,” kata Ruli melihat sendiri kejadian ini. 
 
Sejumlah pengendara ini berharap jalan dapat dibersihkan pemerintah. Karena, sudah cukup banyak korban yang celaka akibat jalanan berpasir ini. “Seharusnya selesai ditampal pasirnya langsung dibersihkan. Jangan sampai membuat orang celaka,” imbuhnya.
 
Kepala Satuan Kerja (Satker) Non Vertikal Jalan Metropolis di Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) wilayah III Sumatera, Gunawan membenarkan adanya perbaikan jalan di kawasan jalan Kolonel H. Burlian.
 
Gunawan menampik jika perbaikan jalan tersebut menjadi penyebab kecelakaan, karena kondisi pasir untuk menutupi lapisan aspal curah untuk memperbaiki jalan sudah hilang.
 
“Kita sudah lama memperbaiki jalan. Tidak mungkin ada yang kecelakaan akibat perbaikan jalan yang kami lakukan. Mungkin mereka kecelakaan karena mereka kebut-kebutan,” katanya.
 
Jika memang ada terjadi kecelakaan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Dan pihaknya siap bertanggung jawab bersama kontraktor yang mengerjakan perbaikan jalan.
 
“Kami siap bertanggung jawab jika kecelakaan disebabkan oleh kami. Namun akan kita lihat dulu, apa benar kecelakaan tersebut dikarenakan perbaikan pelapisan jalan yang dilakukan kontraktor,” jelasnya.
 
Pantauan kemarin, terlihat jelas, tumpukkan pasir menutupi jalan di beberapa titik jalan Kolonel H Burlian dimulai dari depan Rumah Sakit Mata Sumsel sampai ke depan Pasar Palimo (KM5). Jalan yang diketahui merupakan jalan Nasional tersebut tidak hanya berdebu. Salah satu pengendara terlihat terjatuh, saat hendak berbelok di samping Rumah Sakit. #ren
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...