Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-24

Jalan Rusak di Palembang Bertambah

# Dana Pemiliharaan Minim

BP/ARRACHIM JALAN RUSAK AKIBAT BANJIR-Banjir yang sering nmenggenangi jalan Ahmad Yani Plaju Palembang membuat beberapa titik jalan tersebut rusak terkikis,Rabu (2/12)
BP/ARRACHIM
JALAN RUSAK AKIBAT BANJIR-Banjir genangan di jalan Ahmad Yani Plaju Palembang membuat beberapa titik jalan terkikis,Rabu (2/12).

Palembang, BP

Dana untuk pemeliharaan jalan dalam Kota Palembang sangat minim, bahkan defisit 20 persen. Padahal jumlah jalan yang rusak akibat genangan air hujan makin bertambah.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Pengolahan Sumber Daya Air (PSDA) Kota Palembang Darma Budhy, anggaran untuk perbaikan jalan tidak cukup. “Kalau dibilang cukup atau tidak, ya dicukup-cukupin, yang jelas anggaran yang ada kurang, apalagi sempat ada defisit,” kata Budhy, belum lama ini.

Budhy tidak mau menyebut jumlah anggaran untuk perbaikan rutin, namun menurutnya jalan di dalam kota tidak ada yang rusak berat dan pihaknya terus melakukan pemantauan dan laporan warga.

“Tolong laporkan kami jika banyak titik jalan yang rusak, bisa juga melalui media. Kami akan perbaiki sesuai dengan anggaran yang ada, namun paling banyak memang titik rusak di kawasan pinggiran kota,” katanya.

Musim hujan saat ini membuat sejumlah titik jalan di Kota Palembang yang tergenang mengalami kerusakan. Seperti di jalan Soekarno Hatta, Jalan Parameswara, Jalan Gandus, Jalan Kol Barlian. Kendati tidak terlalu berat, namun jalan rusak akan makin parah jika tidak ada upaya perbaikan

Terhadap hal ini, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah III mencatat sejumlah titik yang terpantau dilakukan penambalan agar kondisi jalan tidak makin parah. Namun hingga kini, balai besar sendiri belum jelas menyebutkan titik kerusakan yang bakal diperbaiki.

Baca:  Jalan Residen H Amaluddin Rusak

Kepala Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional Provinsi Sumatera Selatan Gunawan, mengatakan, jalan nasional yang sempat tergenang karena hujan sudah dilakukan perbaikan sebagian.

“Langsung kami perbaiki, umumnya lebih kepada penambalan agar tidak rusak makin parah. Untuk perbaikan sendiri sudah dilakukan, menggunakan anggaran perbaikan rutin,” kata Gunawan, Rabu (2/12).

Gunawan mengatakan, tambalan yang dilakukan menggunakan aspal jika jalan aspal yang rusak. Dirinya mengklaim tidak terlalu banyak titik yang rusak, kategori kerusakan masih ringan, namun ada beberapa titik kawasan yang sedang dicek kondisi kerusakan.

“Kami pantau setiap hari, upaya penambalan secepat mungkin, namun terus terang perbaikan dilakukan bertahap dan ini termasuk perawatan rutin. Tapi nantilah, nanti hubungi saya lagi untuk lebih jelasnya,” tutup Gunawan, ketika koran ini menanyakan lebih detail tentang perbaikan dan anggaran yang dikeluarkan.

Baca:  Jalan Residen H Amaluddin Rusak

Sementara itu, anggota DPRD Palembang H Antoni Yuzar mengaku prihatin dengan banyak jalan di Kota Palembang rusak akibat tergenang air hujan. Menurutnya, di Pemko Palembang ada anggaran biaya pemeliharaan jalan baik di PU Cipta Karya maupun Bina Marga yang harus digunakan dimanfaatkan semaksimal mungkin. “Ini harus diprioritaskan. Karena jalan perlu perbaikan,” katanya.

Dikatakannya, jalan rusak tersebut sebenarnya bukan akibat hujan saja namun sebelum hujan memang sudah rusak. “Ini tantangan buat SKPD terkait. Dalam pembangunan jalan  harus  sesuai spesifikasi. Karena faktanya jalan dengan  pengerasan cor semen tidak sesuai spesifikasi. Belum satu tahun sudah rusak hancur,” katanya.

Baca:  Jalan Residen H Amaluddin Rusak

Begitu juga drainase dan bahu jalan di Kota Palembang belum satu tahun sudah amblas. “Contoh di depan Komplek Hero, Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang- Alang Lebar sudah hancur. Silakan dicek sangat  memalukan dan menyedihkan, hanya menghabiskan anggaran saja. Ini salah satu contoh kasus yg harus ditindaklanjuti,” katanya.

Pengamatan jalan rusak akibat hujan juga terjadi di Jalan Mayor Ruslan samping Universitas IBA yang banyak berlubang akibat hujan. Akibatnya para pengendara harus berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya karena akan masuk lubang yang banyak jumlahnya di Jalan Mayor Ruslan.

“Waktu kemarau kemarin belum ada lubang, nah hujan ini banyak lubang di Jalan Mayor Ruslan. Apalagi kolam retensi samping Jalan Mayor Ruslan ini kalau meluap airnya ke jalan sehingga jalan cepat rusak,” kata Andi, warga Jalan mayor Ruslan. #ren/osk

 

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...