Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-24

Kenalkan Komputer Sejak Dini

Palembang, BP

Saat ini komputer sudah menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari. Apalagi anak-anak usia dini telah dikenalkan dengan teknologi canggih. Bahkan seperti di sekolah dasar (SD) sudah banyak yang menyediakan fasilitas komputer yang digunakan dalam pembelajaran.

Hal tersebut nampak tergambar, pada saat siswa SDN 179 Palembang yang baru kelas 1 melakukan praktek komputer. Mereka pun diperkenalkan dengan multimedia yang sangat baik untuk belajar seperti belajar menulis, membaca dan berhitung. Selain untuk menulis komputer juga mudah dilakukan untuk menggambar dan mewarnai.

Guru SDN 179 Palembang sekaligus mengajar praktek komputer Rustam Efendi mengatakan, dalam penerapan praktek komputer ini sudah sejak 2007. Mereka mengenalkan dengan para siswa mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.

“Sebenarnya, kami hanya memperkenalkan saja kepada siswa-siswi tentan apa itu komputer, bagaimana cara penggunaan komputer sendiri dan fungsi komputer tersebut,” katanya.

Untuk mengajarkan mengenai praktek komputer ini, ada beberapa tahap tingkatan, mulai dari kelas 1 sampai kelas 2, siswa akan diajarkan cara olah mouse atau melatih siswa agar pintar dalam menggerakan mouse di komputer. Jadi siswa ini disuruh membuka Paint atau gambar, lalu siswa diarahkan membuat pola gambar baik berupa gambar sepeda, bola, rumah hingga animasi berbentuk pola garis dan pola lingkaran.

“Sedangkan di kelas 3 siswa diajarkan mengenai pembuatan power point, dan kelas 4 sampai kelas 6 mereka yang sudah besar akan diajarkan Microsoft Word dan Exel,” jelasnya.

Kepala SDN 179 Maulina, SPd, MM, mengatakan, dalam praktek komputer siswa belajar seminggu sekali dan diberi waktu selama dua jam. Oleh sebab itu, mereka terus berupaya untuk mengembangkan kreativitas anak-anak, jangan sampai pada saat mereka mau masuk SMP belum paham atau gaptek komputer.

“Kami hanya memanfaatkan adanya Ilmu Teknologi (IT) di SDN 179 Palembang, untuk memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai teknologi khususnya di bidang komputer,” katanya.

Ia juga menambahkan, sedikitnya ada 35 unit komputer disiapkan bagi anak-anak. Hal ini dimanfaatkan setiap minggu nya supaya tidak ketinggalan zaman dalam kemajuan teknlogi.

“Jadi, bagi anak-anak yang mau tamat dari SDN 179 Palembang. Minimal mengetahui bagaimana cara mengoperasikan komputer,” pungkasnya.
#adk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...