Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

DPT Masih Bisa Berubah

$RIBHIJ5Palembang, BP
 
Sepekan jelang pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah serentak 2015, perubahan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) masih sangat memungkinkan.
Untuk itu, proses validitas DPT masih bisa diperbaharui hingga H-6 sebelum pemungutan suara. Demikian dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) Aspahani, Selasa (1/12).
Menurutnya, adanya temuan DPT ganda di beberapa kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir (OI) oleh tim pasangan calon (Paslon) kepala daerah Kabupaten OI, Helmi Yahya-Muchendi Mahzarekki, juga akan diselidiki.

“Kalau terbukti ganda dan fiktif tentu DPT tersebut tidak diakomodir saat pemungutan suara berlangsung,” kata Aspahani.
Dia menjelaskan, temuan DPT fiktif dan ganda tersebut jika terbukti segera dicoret dan pelaku akan ditindak tegas. Temuan ini juga tidak akan mempengaruhi agenda Pilkada OI yang tetap dilaksanakan sesuai jadwal, 9 Desember mendatang.
“DPT ganda dan fiktif akan kita coret, kalau terbukti ada indikasi kecurangan tentu akan ada sanksi tegas,” katanya.
Sedangkan Adanya temuan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda di beberapa kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir (OI) oleh tim pasangan calon (Paslon) kepala daerah Kabupaten OI, Helmi Yahya-Muchendi Mahzarekki, akan ditindaklanjuti Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumsel.
Dikatakan Koordinator Bawaslu Sumsel Divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga, Kurniawan, DPT fiktif yang dilaporkan langsung ke Bawaslu Sumsel tersebut akan terlebih dulu disandingkan dengan data temuan panitia pengawas pemilihan (Panwaslih) OI.
“Adanya temuan 26.394 DPT ganda di Kabupaten OI ini akan terlebih dulu kami sandingkan dengan data temuan tim Panwaslih OI di lapangan. Apakah memang demikian,” kata Kurniawan, Selasa (1/12).
Selain akan menyandingkan temuan DPT ganda di Kabupaten OI, kata Kurniawan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel.
“Terkait sanksi tegas, kami akan berloordinasi dengan KPU Sumsel,” jelasnya.#osk
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...