Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-24

UN Sumsel Sesuai Jadwal

Palembang, BP

Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai provinsi yang terdampak kabut asap dipastikan siap melaksanakan ujian nasional (UN) 2016 sesuai jadwal. Hal ini diketahui dari rapat koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan tujuh kepala dinas pendidikan via video conference, Senin (30/11).

“Sejauh hasil koordinasi kami, semua sekolah di daerah Sumsel siap melaksanakan UN tepat waktu,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo dalam laporannya, pada video conference di Aula Handayani kantor Disdik Sumsel, didampingi seluruh Kepala Disdik se-Sumsel.

Ia juga mengatakan, di Sumsel terdapat tujuh kabupaten kota yang terdampak kabut asap cukup parah. Antara lain Kota Palembang, Kabupaten OKI, Ogan Ilir, MUBA, Banyuasin, Muaraenim, dan Prabumulih. Dari tujuh daerah ini, hanya satu kota Palembang yang terpaksa mengambil kebijakan meliburkan siswa selama empat hari karena kabut asap sudah masuk kategori berbahaya bagi kesehatan. Sementara daerah lain yang terdampak asap sedang hanya dilakukan pengunduran jam masuk sekolah.

“Tapi kegiatan belajar mengajar yang fakultatif itu tidak memberi pengaruh pada pergeseran UN,” ujarnya.

Diakuinya, persiapan UN dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap kabupaten kota diminta mempersiapkan diri. Diberikan kewenangan untuk melaksanakan jam belajar tambahan pascamusibah asap dan pemberian tugas kepada siswa.

Widodo juga menambahkan, pihaknya bahkan mencatat sekolah penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 cukup meningkat. Untuk tingkat SMP, sebelumnya hanya satu sekolah tahun depan akan diikuti 15 sekolah dengan jumlah 3.077 siswa. Untuk SMA yang semula juga satu sekolah, bertambah jadi 36 sekolah diikuti 8.124 siswa. Lalu, 7 SMK jadi 28 sekolah diikuti 7.240 siswa.

“Semua siap mengikuti UN pada April 2016,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjend Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad menegaskan, pihaknya menggelar video conference ini guna memantau persiapan UN wilayah terdampak asap. Sebab diketahui, ada daerah yang terpaksa meliburkan siswa cukup panjang lantaran tebalnya kabut asap.

“Dari semua laporan, diketahui Sumsel, Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, dan Kalimantan Barat siap sesuai jadwal. Kecuali Kalimantan Tengah masih akan ada pembicaraan lebih lanjut. Begitu juga dengan ujian sekolah (US) akan sesuai jadwal kecuali Kalteng dan Jambi,” urainya.

#adk

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...