Home / Headline / Rizal Abdullah Terima Vonis Sambil Menangis

Rizal Abdullah Terima Vonis Sambil Menangis

Mantan Kepala Dinas PU Sumsel Divonis 3 Tahun Penjara Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumatra Selatan Rizal Abdullah disalami keluarga dan kolega seusai menjalani sidang dengan agenda pembacaan vonis di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (27/11/2015). Terdakwa kasus dugaan korupsi pembangunan Wisma Atlet SEA Games Jakabaring, Palembang, tersebut divonis tiga tahun penjara denda Rp150 juta subsider dua bulan kurungan. Putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa yaitu lima tahun penjara. MI/Rommy Pujianto

Rizal Abdullah disalami keluarga dan kolega seusai menjalani sidang dengan agenda pembacaan vonis di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (27/11). MI/Rommy Pujianto

Jakarta, BP

Terdakwa kasus korupsi Wisma Atlet, Rizal Abdullah, divonis 3 tahun penjara. Sambil menangis, Rizal menyampaikan kepada hakim bahwa ia menerima putusan tersebut.
“Kami sependapat dengan yang mulia. Kami yakin putusan yang mulia adalah putusan Allah. Kami mengimani, kami menerima semua yang mulia putuskan,” kata Rizal di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat, Jumat (27/11).
Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Sumsel ini mengatakan, dirinya selalu berdoa diberikan yang terbaik. Ia meyakini putusan hakim adalah putusan yang edukatif.
“Putusan ini dapat dijadikan kehati-hatian bagi semua orang selanjutnya,” ucap Rizal sambil menangis.
Ia lantas meminta maaf kepada hakim karena telah terisak-isak. Hakim menanggapinya dengan bijak. “Ya jalan hidup seseorang kita tidak ada yang tahu,” sambut hakim Sutio.

Sebelumnya hakim menetapkan vonis 3 tahun penjara dan denda Rp150 juta subsidair kurungan 2 bulan kepada Rizal. Ia dinyatakan terbukti melanggar Pasal 3 Jo Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tipikor Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana, sebagaimana dakwaan kedua.

Majelis hakim juga memutuskan tidak membebani Rizal dengan pembayaran uang pengganti kerugian negara. Rizal telah mengembalikan uang senilai Rp400 juta termasuk dari PT DGI kepada KPK.

Selain itu, Rizal juga dinilai selalu sopan dalam persidangan, belum pernah dihukum, memiliki tanggungan keluarga, dan sudah mengembalikan uang yang diterimanya. Ia juga dianggap berjasa menyukseskan SEA Games ke-26 di Palembang.
JPU memutuskan untuk pikir-pikir dahulu selama 7 hari apakah akan mengajukan banding atau tidak atas putusan tersebut.

Sementara itu Meriana, istri Rizal Abdullah, mengaku ikhlas dengan apa yang telah diputuskan hakim terhadap suaminya. “Sekarang kita pasrah, kita yakin bisa melewatinya dan ini adalah yang terbaik. Anak-anak sudah saya kasih pengertian, begitu juga dengan anak bungsu yang ada di Inggris, inshaa Allah ikhlas karena dari awal sudah kita wanti-wanti tentang apapun yang terjadi harus bisa diterima,” ungkapnya.

 

Pihaknya berharap tidak ada lagi banding dari jaksa penuntut umum. “Semoga ini semua berakhir dan tidak ada lagi banding dari Jaksa Penuntut Umum. Terima kasih pada semua pihak yang telah membantu selama ini, memberikan empati dan meluangkan waktunya untuk menyambangi suami saya baik di rutan maupun saat persidangan. Suami saya juga berpesan menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat Sumsel atas kesalahan yang dilakukan dan ini adalah lembaran hitam dalam karirnya. Kami yakin ini adalah yang terbaik,” tukasnya. #bel