Home / Hukum / Batal Dilantik Jadi Kades, Gugat ke PTUN Palembang

Batal Dilantik Jadi Kades, Gugat ke PTUN Palembang

Palembang, BP
Yakin bakal dilantik menjadi Kepala Desa Sungai Pasir, Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), kenyataannya terbalik dan membuat calon kades dengan nomor urut 3, Azisko (49), gigit jari. Bukan ia yang dilantik, melainkan calon lain.

Pelantikan yang dirasakan nomor urut lain berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan Bupati OKI dengan Nomor 947/Kep/B.PMPD/2015. Dari SK yang keluar itulah, pihak dari Azisko melakukan gugatan ke PTUN 58/6/2015/PTUN-PLG yang dimasukan di PTUN Palembang pada 13 November 2015 lalu.

“Kami merasa dibohongi, karena dari data yang ada dan kesepakatan yang ada berbunyi ‘bila calon kades mendapatkan suara berimbang atau sama, yang keluar sebagai pemenang diambil suara terbanyak dari ketiga tabung dari salah satu calon’. Itulah patokan kami bahwa kami yakin, tetapi nyatanya berbeda,” ujar Azisko, didampingi Kuasa Hukum H Maruddin Lukman, saat dijumpai, Jumat (27/11).

Dari data dan hasil perhitungan panitia pemilihan Kades Sungai Pasir, Kecamatan Cengal, Kabupaten OKI, menurut Azisko, dengan jumlah 2.434 yang memilih dan  sebanyak 2.972 jumlah mata, mereka mendapatkan suara sebanyak 636 mata pilih sama dengan nomor urut 2.

Dijelaskan Azisko, dilihat berdasarkan perolehan isi salah satu tabung yang terbanyak dari kedua kandidat ini, ternyata terlihat dari tiga tabung A, B dan C yang ada, nomor urut 3 mendapat suara terbanyak di tabung B sebanyak 237 suara. Sedangkan nomor urut 2 di tabung B hanya mendapatkan 214 suara.

Menurutnya, dari dasar kesepakatan dan perhitungan tabung B, Azisko berhasil mengalahkan nomor urut 2 dalam perolehan suara untuk seluruh tabung dengan perwakilan tabung B.

“Tetapi yang dilantik malah nomor urut 2, itupun baru diketahui sehari sebelum pelantikan. Kami mengetahui setelah meminta keterangan dari panitia, ternyata tanpa melalui prosedur yang ada berdasarkan kesepakatan sebelumnya,” pungkasnya.

Beberapa kejanggalan juga ditemukan dalam SK yang diterbitkan Bupati OKI untuk nomor urut 2 yang dilantik menjadi Kades Sungai Pasir, Kecamatan Cengal, Kabupaten OKI. Dari bukti yang ditemukan itulah, pihaknya melakukan gugatan ke PTUN Palembang agar SK yang dikeluarkan Bupati OKI dapat dibatalkan dengan kekuatan hukum tetap. #rio