Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-24

800 Pencari Kerja Lolos Seleksi di Palembang

Ilustrasi-PencakerPalembang, BP

Pemerintah Kota Palembang resmi menutup kegiatan Job Fair ke 2 yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang, Kamis (26/11). Dari sekitar 11.000 pencaker dan 2.256 kuota penerimaan, sebanyak 800 pencari kerja (pencaker) lolos seleksi.

Kepala Disnaker Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan meski hujan para pencaker cukup antusias, terbukti dua hari ini buku tamu yang  terisi sekitar 10.000 orang. “Hari ini dari laporan sekitar 40 perusahaan yang bergabung, 800 orang diterima dan berhak malakukan test selanjutnya,” kata Isnaini.

Dikatakan dari 800 pencaker yang lolos sleksi, untuk lulusan SMA-SMK sekitar 211 orang, Diploma III sekitar 150 orang, dan S1 500 an orang. “Buku tamu yang terisi sekitar 10.000 orang, sementara yang tidak mengisi tidak tercatat,” katanya.

Isnaini menggambarkan, kondisi ini memberikan isyarat jika pengangguuran dari Palembang maupun luar daerah cukup banyak. Untuk itulah pemerintah selaku penyelenggara kegiatan harus membuat trobosan lebih baik lagi agar pencaker ini mendapat pekerjaan yang layak.

“Tahun depan sekitar bulan Maret, kegiatan ini akan digelar kembali dengan tempat yang lebih layak lagi, karena jujur di halaman kantor kami tidak cukup luas, kami pun tidak menyangka peserta sangat banyak,” kata Isnaini yang baru saja mengantikan Gunawan, Kepala Dinaker terdahulu.

Tidak hanya mengandeng perusahaan yang potensial, dikatakan Isnaini pihaknya akan menggandeng perusahaan yang lebih banyak dan beragam, bahkan perusahaan asing yang membutuhkan tenaga kerja di Sumsel.

“Tahun depan akan kami gelar di pusat keramaian atau di atrium mall ataukah tempat keramian lainnya yang bisa menggaet peserta lebih banyak lagi. Sebab kami yakin ini sangat membantu pencaker yang membutuhkan pekerjaan yang sesuai dengan tingkat kemampuannya,” kata dia. #ren

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...