Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-24

Semua Proyek Jalan dan Jembatan 2015 Rampung

imagesPalembang, BP

Sebagian besar proyek infrastruktur jalan dan jembatan di Provinsi Sumsel 2015 telah selesai. DPRD Sumsel memberi peringatan agar seluruh proyek jalan dan jembatan tersebut selesai pada 15 Desember 2015.

Wakil Ketua DPRD Sumsel H Nopran Marjani mengatakan, anggaran untuk pembangunan infrastruktur  proyek jalan dan jembatan di Sumsel dialokasikan Rp1 triliun di APBD 2015.

“Anggaran Rp1 triliun itu digunakan untuk perbaikan jalan dan jembatan, lanjutan jalan dan jembatan, membuat baru jalan dan jembatan. Di dalamnya ada yang menggunakan sistem tahun jamak, di antaranya Jalan Kebun Sayur lanjutan, Flyover Jakabaring itu  lanjutan, jembatan dan jalan milik provinsi Lahat-Pagaralam lanjutan, perbaikan jalan OKU Selatan ke OKU Timur itu lanjutan, perbaikan Jalan Sekayu, Mura lanjutan juga,” katanya, Kamis (12/11).

Hingga kini, menurut politisi Partai Gerindra ini, masih ada sejumlah proyek infrastruktur jalan dan jembatan di Sumsel masih dalam pengerjaan. “Ada pengerjaan tahun jamak dari 2014-2015, ada tahun 2015-2016, yang tahun 2014-2015 harus sudah selesai paling lambat  tanggal 15 Desember. Jika lewat maka akan dilakukan putus kontrak,” katanya.

Selain itu, menurut Nopran, ada infrastruktur jalan jembatan anggaran tahun jamak 2015-2016 yang  lanjutannya mengambil anggaran APBD 2016 seperti pembangunan Jembatan Musi VI , pembangunan lima jembatan di OKU –OKU Timur.

“Untuk pembayaran proyek tahun jamak 2015-2016, seperti jalan dan jembatan di Sumsel kalau tidak salah sampai Rp500 miliar,” katanya. Hingga kini, DPRD Sumsel belum menerima evaluasi proyek infrastruktur jalan dan jembatan di Sumsel untuk periode 2014-2015 dari PU Bina Marga Sumsel.

”Sesuai dengan janji politik kedua pak Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, beliau memprioritaskan perbaikan jalan dan jembatan yang merupakan jalan provinsi maka harus diselesaikan dua tahun hingga tiga tahun ini,” katanya.

Menurut Nopran, jalan provinsi itu panjangnya sekitar 1.500 kilometer atau hampir sama dengan jalan negara. Dengan panjangnya jalan provinsi itu dan untuk mempercepat perbaikannya makanya dana dianggarkan melalui proyek tahun jamak,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel Rinhardi mengatakan, kalau proyek jalan dan jembatan di Sumsel 2015 sebagian menggunakan tahun jamak. “Salah satunya Jembatan Musi VI, tapi sebagian besar proyek jalan dan jembatan di Sumsel sudah terealisasi untuk 2015 atau 2014-2015,” katanya.

Sedangkan untuk proyek lanjutan 2016, kata dia, ada pembangunan lima jembatan di Sumsel, di antaranya Jembatan Musi VI, Jembatan Sukadana OKI, dan Jembatan Gunung Batu, OKU. Namun Rinhadi enggan memberikan total anggaran pembangunan lima jembatan tahun 2016 tersebut. # osk

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...