Ultimate magazine theme for WordPress.

Kadis Kelautan dan Perikanan Sumsel Diperiksa Polisi

#Terkait Penyitaan 308 Ekor Ketam Tapak Kuda

Palembang, BP
DSC_0005Dengan mengenakan pakaian batik, Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel Sri Dewi Titi Sari diperiksa polisi, di Ruang Unit I Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sumsel, Rabu (11/11), sekitar pukul 10.00.

Pemeriksaan tersebut dilakukan terkait tersangka, Yusmitra yang memiliki izin untuk pengangkutan dan pengepulan hewan Ketam Tapak Kuda (Blangkas) yang merupakan satwa dilindungi yang izinnya dikeluarkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel.

Ditemui usai pemeriksaan yang digelar kurang lebih selama tiga jam, Kadis Kelautan dan Perikanan Sumsel Sri Dewi Titi Sari menjelaskan, memang awalnya pihaknya mengeluarkan izin tersebut. Namun, tepatnya pada 2013 lalu izin yang dimiliki Yusmitra tersebut sudah dicabut.

“Izinnya sudah kami cabut 2013 lalu. Sedangkan, kenapa saat ini dia (pemilik satwa Ketam Tapak Kuda-red) masih memiliki izin dari kami, mungkin saja dia mengkopi atau tidak tahu seperti apa,” kata Sri.

Disinggung mengenai apakah mengenal dengan Yusmitra, Sri membantah, dirinya sama sekali tak mengenal. Untuk lebih jelasnya, Sri belum dapat berkomentar lebih detil, karena dirinya masih akan menjalani pemeriksaan oleh petugas.

“Nanti saja yaa jelasnya, karena ini belum selesai. Nanti, saya masih ada pemeriksaan lagi,” jelas Sri sembari meninggalkan sejumlah wartawan yang menghadangnya.

Sementara itu, Kasubdit IV Tipiter Krimsus Polda Sumsel Kompol Tulus Sinaga, membenarnkan adanya pemeriksaan Kadis Kelautan dan Perikanan Sumsel tersebut. Dalam pemeriksaan tersebut, diperiksa sebagai saksi.

“Jadi kami periksa terkait kenapa memberikan izin kepada pemilik satwa yang dilindungi tersebut. Dari keterangan yang diperiksa, memang izin itu katanya sudah dicabut pada 2013 lalu. Tetapi, ini akan kami dalami terlebih dahulu,” pungkas Tulus.

Diketahui sebelumnya, sebanyak 308 ekor Ketam Tapak Kuda beserta 38 kilogram (kg) telurnya berhasil diamankan jajaran Unit I Subdit IV Tipiter Kriminal Khusus (Krimsus) Polda Sumsel, Kamis (5/11) lalu, sekitar pukul 15.40.

Diamankannya satwa yang hidup di daerah perairan tersebut, setelah petugas melakukan penggerebekan di sebuah ruko, di Perumahan Tanjung Harapan Indah, RT 05 RW 2, Kelurahan Talang Keramat, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin yang diketahui milik Yusmitra. #rio

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...