Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

KPU Sumsel Segera Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten PALI dan Muratara

Palembang, BP
omisioner-kpu-sumsel-divisi-kampanye-ahmad-naafiKomisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyeleksi masing-mmasing sepuluh orang calon anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pali dan Kabupaten Musirawas Utara (Muratara).
“Sekarang mereka masih mengikuti seleksi untuk dijadikan lima orang anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat kabupaten yang definitif atau pertama dalam dua daerah pemerkaran itu,” kata anggota KPU Sumsel Ahmad Naafi, Senin (9/11).
Menurutnya kesepuluh orang calon anggota KPU tingkat kabupaten itu sebelumnya sudah lulus dari 20 besar dan sekarang menjalani seleksi tahap akhir uji kelayakan dan kepatutan.
“Saat ini tengah diseleksi calon anggota KPU Kabupaten Pali dan Kabupaten Musirawas Utara, dengan beberapa orang tenaga penguji dari KPU Provinsi Sumatera Selatan,” ujarnya.
Sebelum penetapan lima besar, pihaknya masih menerima masukan dari masyarakat terkait rekam jejak para calon tersebut, bila ditemukan hal-hal yang prinsip terhadap prilaku calon tersebut, maka akan diklarifikasi langsung kepada peserta tersebut.
“Kita tidak ada intervensi terhadap para calon anggota KPU itu karena yang lebih tahu rekam jejaknya adalah masyarakat di sekitar tempat tinggal calon tersebut,” katanya.
Semua masukan masyarakat itu sangat dibutuhkan karena bila salah rekrut akan berdampak negatif pada pelaksanaan Pilkada bupati dan wakil bupati daerah tersebut pada awal Desember 2015.
“Semua akan kita tanyakan kepada peserta, karena masih membuka peluang untuk masyarakat menyampaikan tanggapannya sebelum penetapan,”jelasnya.
Kepada peserta calon anggota KPU itu ada sepuluh poin yang akan diujikan antara lain pemahaman terhadap pemilu, manajemen organisasi, manajemen pemilu, rekam jejak dan tanggapan dari masyarakat.
“Hasil tes sudah di plenokan pada 7 November 2015 dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 10 November sekaligus pelantikan di Kabupaten Musirawas Utara,” katanya.
Sedangkan Ketua tim seleksi anggota KPU Muratara, Gress Sely SH kalau pihaknya sudah selesai menjalankan tugasnya sejak 3 November 2015 lalu.
“Sepuluh nama sudah kita serahkan ke KPU Sumsel, nanti KPU Sumsel yang akan memilih lima nama untuk komisioner KPU Muratara,” katanya. #osk
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...