Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

Akhir Bulan Jembatan ‘Flyover’ Jakabaring Ujicoba

Palembang, BP
FLYOVER-Kendati masih terkendala permasalahan dua persil lahan yang hingga kini belum selesai, pengerjaan proyek dan jembatan Flyover Jakabaring terus dikebut. Bahkan saat ini secara total pengerjaan fisik sudah mencapai 95 persen dan diperkirakan akhir bulan November ini jembatan sudah bisa dibuka.
“Malam ini (kemarin-red) rencana mau melakukan pengaspalan lagi untuk bagian yang ke jalan utama. Sementara pengerjaan lain tinggal merampungkan pengecatan jembatan agar makin cantik dan siap dibuka,” kata Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Flyover Jakabaring Joko Saputro, Selasa (10/11).
Dikatakan, dengan kondisi pengerjaan saat ini taktis untuk konstruksi jembatan tidak ada masalah lagi, bahkan selesai kontrak pengerjaan pada 29 November mendatang, jembatan sudah bisa dilalui atau dilakukan uji coba.
“Untuk proses peresmian saya belum mendapat kejelasan informasinya. Hanya saja, bisa dipastikan selesai kontak akhir bulan ini jembatan sudah bisa dibuka, untuk selanjutnya akan dibuka permanen belum juga diketahui informasinya,” ujar dia.
Mangenai dua persil lahan yang belum selesai, menurut Joko tidak ada masalah dengan aktivitas jembatan. Jika jembatan ini bisa dibuka, otomatis pengendara dari arah dan menuju ke Jembatan Ampera bebas hambatan.
“Sebenarnya jika jembatan bisa dibuka tidak ada masalah dengan arus di atas, hanya saja ada sedikit gangguan di bawah, namun diperkirakan kemacetan sudah bisa terurai,” katanya.
Terkait pengecatan yang dilakukan pekerja, menurutnya pengerjaan sudah dilakukan sejak satu pekan terakhir dan bertahap dikebut dengan target penyelesaian sebelum habis kontrak. Sementara pengerjaan lain, seperti taman bawah jembatan di median jalan akan dirampungkan sebelum habis kontrak.
“Pengerjaan yang belum dilakukan tinggal drainase di sekitar lahan yang belum dibebasak. Sementara yang lain sudah diselesaikan dan tinggal tahap finishing,” ucap dia.
Pantauan di lapangan, pengerjaan jembatan saat ini sedang dilakukan pengecatan warna silver. Sementara pengaspalan di jembatan tampak sudah selesai. Hanya saja aspal ke jalan utama masih belum dirampungkan.
Kondisi arus jalan terlihat makin padat saat jam sibuk, di sekitar flyover, sementara arus menuju Jembatan Ampera terjadi penumpukan pada pangkal Jembatan  Seberang Ulu akibat kendaraan yang keluar masuk dari 7 Ulu sering melanggar putar balik ke Ampera, sehingga arus dari arah Plaju, Kertapati dan Jakabaring terganggu.
“Kalau masih banyak kendaraan yang naik Jembatan Ampera dari arah 7 Ulu,  selancar apapun arus flyover jalan tetap macet, apalagi di sana jarang ada petugas yang mengatur lalu lintas,” jelas Novan (35) pengendara. #ren
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...