Ultimate magazine theme for WordPress.

1.001 Hari Menuju Asian Games

#Sumsel Gelar Sriwijaya Fashion Carnival
Palembang, BP
Menjelang 1.001 hari menuju Asian Games 2018, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar berbagai macam acara. Salah satunya yakni Sriwijaya Fashion Carnival yang akan digelar pada 21 November mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan, Sriwijaya Fashion Carnival akan mengusung tema pesona tekstil Sriwijaya. Pihaknya akan menampilkan puluhan ragam macam tekstil budaya yang akan dihadirkan bagi para peserta yang mengikuti acara ini.

“Para peserta akan menampilkan fashion busana dengan beragam kreativitas yang akan ditampilkan. Yang terbaik akan mendapatkan tropi Kementerian Pariwisata RI, Gubernur Sumsel, serta Disbudpar,” tuturnya usai rapat persiapan Sriwijaya Fashion Carnival di Bina Praja, Senin (9/11).

Hingga saat ini, sebanyak 210 peserta serta 21 grup yang terdiri dari pelajar dan para seniman lokal dari 17 kabupaten/kota telah mendaftarkan untuk ikut serta dalam acara ini.

“Seratus persen kami menggaet seniman lokal yang ikut terlibat acara Sriwijaya Fashion Carnival tersebut. Kami mengarahkan seniman lokal untuk menghasilkan karya-karya unik untuk fesyen dengan tema yang telah ditentukan,” jelasnya.

Tak hanya itu, Festival Kopi dan Launching Songket sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia (WBTB) UNESCO pun dijadikan satu rangkaian besar dalam acara megah ini.

“Jadi pagi-pagi kita gelar Sriwijaya Fashion Carnival pukul 09.00, dilanjutkan launching songket di PSCC, festival kopi di BKB dan berbagai macam acara menarik lainnya menjelang semangat 1001 jelang Asian Games,” ungkapnya.

Dikucurkan dana sebesar Rp 300 juta yang berasal dari dana APBD dan APBN untuk penyelengaraan Sriwijaya Fashion Carnival. Sementara untuk Festival Kopi pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp150 juta dari APBD.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Sumsel H Mukti Sulaiman mengatakan, acara Sriwijaya Fashion Carnival, Launching Songket dan Festival kopi, Konferensi Jurnalis Asia Pasific dan hitung mundur Asian Games akan digelar menjadi satu rangkaian untuk menyambut 1001 jelang Asian Games 2018.

“Acara ini rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo yang juga hadir di acara Jurnalis TV se-Asia dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI menghadiri launching songket,” katanya.

Ia mengatakan, konsep acara dibuat untuk memberikan semangat bagi masyarakat Sumsel dalam menyambut perhelatan akbar Asian Games 2018 mendatang.

“Dengan acara ini, diharapkan dapat memberikan pengenalan nilai budaya bagi masyarakat Sumsel khususnya untuk memasyarakatkan songket,” pungkasnya. #idz

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...