Ultimate magazine theme for WordPress.

90 Ton Garam Disemai Selama 4 Bulan

Palembang, BP

Pesawat Rusia Lakukan Pemadaman Kebakaran Lahan di Sumsel Metrotvnews.com, Sumsel: Pesawat bom air asal Rusia Beriev BE-200 melakukan pemadaman kebakaran dari udara di Kawasan Air Sugihan, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel, Sabtu (24/10). Sebanyak 12.000 Liter berhasil dijatuhkan dalan satu kali pengeboman air melalui udara.  ANTARA/Nova Wahyudi/ip
Pesawat Rusia Lakukan Pemadaman Kebakaran Lahan di Sumsel
Metrotvnews.com, Sumsel: Pesawat bom air asal Rusia Beriev BE-200 melakukan pemadaman kebakaran dari udara di Kawasan Air Sugihan, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel, Sabtu (24/10). Sebanyak 12.000 Liter berhasil dijatuhkan dalan satu kali pengeboman air melalui udara. ANTARA/Nova Wahyudi/ip

Hujan buatan terus dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan kerja sama Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel sejak 9 Juli lalu sebagai penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutlah).

Koordinator Lapangan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) BPPT Mahally mengatakan,  hingga saat ini sudah lebih dari 90 ton garam NuCl yang telah disemai di atas awan yang memiliki potensi hujan. Namun beberapa hari terakhir, potensi awan penghujan sulit dicari.

“Diakhir Oktober lalu, sekitar tanggal 27 sampai 30 Oktober potensi awan sangat banyak sehingga hujan pun bisa turun dibantu dengan penyemaian yang kita lakukan,” jelasnya, Jumat (6/11).

Awan penghujan sulit dicari karena diakibatkan musim peralihan atau pancaroba yang saat ini sedang terjadi. Proses penyemaian awan dengan garam ini dilakukan untuk memicu hujan namun penyemaian ini dapat dilakukan apabila ada potensi awan penghujan.

“Kemarin (Kamis-red), kita lakukan penyemaian awan dengan garam yakni sebanyak 800 kilo gram garam dan ini hanya ada di atas daerah Muba, ” ungkapnya.

Pihaknya mengatakan akan terus melakukan penyemaian awan dengan garam dengan melihat potensi awan penghujan yang mendukung. Selama musim kemarau dan bencana kabut asap ini, penyemaian hingga tersisa garam di stok gudang sebanyak 10 ton. Apabila kedepan jumlah inimasih kurang, stok garam akan ditambah lagi.

Sementara itu, Kasi Observasi dan Informasi BMKG SMB II Palembang Agus Santosa mengatakan, jarak pandang masih sangat baik yakni diatas satu kilometer dan untuk suhu udara memang diakuinya cukup panas mencapai 35 derajat celcius pada pukul 12.00. Hingga menjelang sore pukul 15.00 suhu menurun sedikit yakni capai 34 derajat celcius.

“Untuk prakiraan cuaca dari BMKG melihat tanggal 8 nanti akan terjadi hujan yang cukup merata khususnya di Pulau Sumatera dengan intensitas ringan, sedang, hingga lebat,” jelas Agus. #idz

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...