13 Kambing Warga Diterkam Beruang

13

Muaradua, BP

Belasan kambing milik warga di desa Air Upik dan desa Merbau, Kecamatan Banding Agung, OKU Selatan  ditemukan mati dengan luka di sekujur tubuh.

Matinya kambing-kambing warga tersebut diduga akibat diserang binatang buas.

Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, kejadian ini menghebohkan warga setelah sedikitnya 13  ekor kambing warga mati dengan luka mengenaskan dalam kurun waktu satu bulan terakhir.

Binatang buas tersebut, biasanya menyerang ternak kambing warga tidak mengenal waktu, siang ataupun malam hari.

Saat ini, warga  di kedua desa tersebut resah dengan kehadiran diduga binatang buas yang mengganggu ternak dan mengancam keselamatan warga tersebut.

Menurut Lek Mi’an (48), peternak kambing warga desa Air Upik mengatakan jika beberapa minggu terakhir sudah empat  kambing yang ia pelihara telah mati dengan penuh luka.

“Yang saya pelihara saja sudah empat ekor kambing yang mati, belum desa lainnya. Mungkin gara – gara binatang buas. Saat ditemukan disekitaran kandang yang ada banyak bekas goresan seperti  cakar binatang buas,” katanya, Rabu (4/11)

Ditambahkan dia, tidak hanya itu, kambing yang telah mati saat ditemukan sudah luka – luka di bagian leher dan perut. “Anehnya hampir semua bagian isi dalam kambing yang telah mati juga hilag. Mungkin karena dimakannya,” tambahnya.

Ia menambahkan, jika sejauh ini warga setempat belum mengetahui pasti jenis binatang apa yang menyerang ternak mereka. “Kemungkinan besar beruang. Karena terlihat dari cakarnya,” katanya. #bob