Ultimate magazine theme for WordPress.

Abaikan Keselamatan Demi Sekolah

PALI, BP
IMG_20150918_061915_1442532541774Sungguh menghawatirkan potret para pelajar SMP Negeri IV Talang Ubi setiap harinya. Sekolah yang terletak di Desa Karta Dewa, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), selain menampung siswa asal desa tersebut juga dari desa tetangga yang jaraknya sampai lebih dari tiga kilometer.

Pelajar yang jauh dari sekolah harus berjuang keras untuk mencapai sekolah ini, mereka berangkat serta pulang harus menaiki mobil angkutan bak terbuka dengan berdesak-desakan bahkan naik ke atap mobil, hal seperti ini bukan tidak mungkin mengancam keselamatan mereka.

Baca Juga:  Pemkab Tunjuk Talang Kerangan Untuk Kantor Bupati PALI

Pika (13), pelajar kelas VII siswa asal Desa Benuang, ini mengaku dirinya terpaksa naik mobil minibus tersebut karena tidak ada angkutan lain yang mengantar mereka sekolah.

“Memang takut kami naik mobil ini, tapi terpaksa karena tidak ada pilihan,” cetus Pika, Jumat (17/9).

Mereka menginginkan ada angkutan yang layak untuk bisa mengantar ke sekolah, tapi apa daya harapan tersebut tak kunjung tiba.

Baca Juga:  Safari Jumat di Dusun III Babat, Bupati Sampaikan Khotbah dan Berikan Bantuan

“Kami ingin ada Bis sekolah kak, lebih aman pakai itu, kalau mobil seperti ini kami takut jatuh padahal kami harus bayar tiap minggu 25 ribu,” ujar Putra

Sementara itu  Hairul Saleh, Kepala TU SMPN IV Talang Ubi, membenarkan, banyak siswa di sekolahnya berasal dari desa tetangga yang jaraknya cukup jauh. Melihat pelajar yang naik ke atap mobil ia sering memperingatkan.

“Aku sering menegur anak-anak agar tidak naik ke atap mobil, karena hal itu sangat berbahaya, namun karena keterbatasan angkutan hal tersebut dilakukan,” terangnya.

Baca Juga:  Minat Baca Rendah, K7P Adakan Perpustakaan Keliling Dibumi Serepat Serasan 

Hairul mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten PALI untuk memperhatikan hal seperti ini, dan mengupayakan solusi agar para pelajar nyaman dalam menimba ilmu.

“Kami berharap sekali kepada Pemkab PALI untuk memperhatikan nasib generasi penerus bangsa ini, yang setiap hari menantang maut dengan naik mobil bak terbuka, kalau bisa kami menginginkan pemerintah menyediakan bus sekolah agar mereka yang ingin belajar aman dan nyaman,” katanya. #hab

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...