Ultimate magazine theme for WordPress.

Puluhan Hektar Lahan Hangus, Satu Truk Terbalik

 

Inderalaya, BP
Jpeg

Puluhan hektar lahan gambut di kawasan Jalan Lintas Timur Km 23 KTM Rambutan, Kabupaten Ogan Ilir (OI) terbakar, Rabu (26/8). Kebakaran lahan tak hanya melanda satu sisi lahan gambut namun juga kedua lahan gambut ini habis dilahap api serta mengakibatkan satu unit truk muatan kayu akasia terbalik.

Kebakaran lahan yang berlansung sejak pukul 11.0oini terus meluas, kebakaran lahan yang sulit dijangkau untuk dilakukan pemadaman membuat lahan yang terbakar terus meluas. Puluhan petugas pemadam kebakaran lahan serta satu unit helikopter dikerahkan memadamkan lahan gambut yang terbakar.

Akibat terbakarnya lahan gambut ini, tak hanya menimbulkan asap juga kemacetan sepanjang jalan lintas timur membuat kendaraan yang melalui jalur ini harus berjalan merayap. Terlihat aparat kepolisian tengah sibuk mengatur lalu lintas serta menghimbau kendaraan untuk menghidupkan lampu akibat jalan pandang yang terbatas.

Baca Juga:  Berkat Program TMMD, Masyarakat Desa Sungai Ceper Tak Terisolir Lagi

Edison (44) warga sekitar mengatakan kebakaran lahan di kawasan ini terjadi sejak Selasa (25/8) yang membakar lahan gambut, kemudian kebakaran berlanjut hingga Rabu (26/8) sejak pukul 11.00, meluas lahan yang terbakar dikarenakan sulit dijangkau yang berjarak sekitar 10 kilometer dari pinggir jalan membuat pemadaman di lakukan menggunakan satu unit helikopter.

“Dari hari selasa lalu, kebakaran lahan terjadi di kawasan ini, satu unit helikopter terlihat memadamkan api dengan cara mengangkut air dari udara,” ujar Edison.

Akibat kebakaran lahan yang melanda jalintim membuat kemacetan panjang serta satu unik truk plat BK 8641 XA bermuatan kayu akasia terbalik di KTM Rambutan yang menghindari mobil tangki dan mobil pemadaman kebakaran yang parkir di bahu jalan.

Baca Juga:  Ribuan Massa Konsolidasi Pemenangan Helmi-Muchendi

Sopir Truk Muslim (45), warga Banyuasin mengatakan truk yang bermuatan kayu akasia seberat 22 ton tersebut terbalik saat menghindari mobil tangki dan BPBD terparkir di bahu jalan. “Terbaliknya saat terjadi kebakaran tadi siang, mobil tangki dan BPBD sedang parkir, saya membanting stir ke kanan dan terlama mobil terbalik mengeluarkan muatan kayu akasia,” ujarnya

Penjabat Bupati Ogan Ilir H Yulizar Dinoto, SH mengatakan penanggulangan asap telah ada standar operasional jadi akan bertindak sesuai dengan standar operasional. Akan tetapi melihat pihaknya akan lebih mengupayakan penanggulan kebakaran lahan terlebih lagi di kawasan Jalintim KM 32.

Baca Juga:  8 Saksi Diperiksa Marathon, Detik-detik Jelang KPU Putuskan Hasil Pleno  

“Kebakaran lahan yang melanda Kabupaten Ogan Ilir selalu berada di kawasan sepanjang Jalintim Palembang-Indralaya, ini yang akan kita cari formula agar dapat meminimalisir kebakaran lahan di kawasan tersebut,” Kata Yulizar, usai acara pisah sambut Bupati dan Wakil Bupati di Aula Komplek Perkantoran Terpadu (UPT) Tanjung Senai, Rabu (26/8).
Dikatakan, Yulizar, kawasan Jalintim Palembang-Indralaya menjadi salah satu kawasan yang tak lepas dari kebakaran lahan, padahal di kawasan tersebut telah terjadi kebakaran lahan namun beberapa minggu ke depan terjadi lagi kebakaran lahan. “ Ini yang menjadi persoalan kita, dibandingkan lima daerah lainnya, titik kebakaran lahan di Ogan Ilir selalu terjadi di kawasan tersebut,” ujarnya. #hen

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...