Ultimate magazine theme for WordPress.

Tahun 2016 Tarif PDAM Naik 15%

Sekayu, BP
Masyarakat pelanggan air PDAM harus bersiap-siap membayar  lebih mahal  lagi tahun 2016 mendatang. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Randik Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), berencana menaikkan harga pokok air pada tahun depan.

Kepala Bagian (Kabag) Umum PDAM Tirta Randik Sekayu Makmur membenarkan adanya rencana kenaikan tarif air bersih pada tahun depan. Kenaikan tersebut, kata Makmur, bukan tanpa alasan, karena tarif yang dikenakan saat ini masih di bawah rata-rata harga pokok air di daerah lainnya.

Baca Juga:  8 Prioritas Pembangunan Muba Tahun 2018

“Kenaikan harga pokok air pada tahun depan, memang telah sesuai dan memang mengikuti perkembangan kebutuhan ekonomi,” katanya, Kamis (6/8).

Dia mengungkapkan bahwa kenaikan yang akan diberlakukan sebesar 15 %, khusus bagi pelanggan yang disubsidi. Banyaknya pelanggan yang disubsidi saat ini yaitu 30.200. “Kenaikan hanya berlaku bagi pelanggan yang disubsidi, yaitu rumah tangga saja. Sedangkan kelas usaha tidak dikenakan kenaikan,” terangnya.

Baca Juga:  Safari Ramadhan Momentum Serap Aspirasi Masyarakat Muba

Dijelaskan Makmur, harga pokok air saat ini Rp7.296/meter kubik. Sedangkan, harga jual kepada masyarakat  Rp3.526, untuk selisih dengan harga pokok tersebut, disubsidi oleh daerah. “Harga jual saat ini, sesuai dengan hasil audit BPKP tahun 2014. Sehingga kenaikan yang akan diberlakukan memang sesuai peraturan bukan asal-asal saja,” tegasnya.

Kenaikan tarif memang dilakukan setiap tahunnya. Sebab jika tidak dilakukan kenaikan maka akan menjadi beban daerah. “Jika tidak dibantu dengan kenaikan, maka operasional kita akan semakin membengkak dan membebani daerah,” katanya. #arf

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...